GANGGUAN KECEMASAN BERLEBIHAN

kecemasan

Kecemasan adalah emosi manusia yang normal bahwa setiap orang pernah mengalaminya. Seperti banyak orang merasa cemas, atau gugup, ketika menghadapi masalah di tempat kerja, sebelum ujian, sebelum tampil dimuka umum atau membuat keputusan penting.

Gangguan kecemasan (anxiety disorder) adalah hal yang berbeda. Mereka dapat merasakan penderitaan sedemikian rupa sehingga mengganggu kemampuan untuk menjalani hidup seperti orang pada umumnya.
Berikut ini adalah beberapa jenis gangguan kecemasan diantaranya :

1. Panic Attack / Serangan Panik
Orang dengan kondisi ini memiliki perasaan diteror yang dating secara tiba-tiba dan mendadak tanpa peringatan. Gejala lain dari serangan panik termasuk berkeringat, nyeri dada, palpitasi (luar biasa kuat atau detak jantung tidak teratur), dan perasaan terhentak, yang dapat membuat seseorang merasa seolah-olah mengalami serangan jantung.

2. Kecemasan gangguan sosial
Juga disebut fobia sosial, gangguan kecemasan sosial melibatkan khawatir yang luar biasa dan kewaspadaan diri tentang situasi sosial sehari-hari. Seperti rasa khawatir disebabkan oleh rasa takut akan dihakimi oleh orang lain, atau takut berlebihan jika mendapatkan rasa malu atau ejekan.

3. Fobia spesifik
Sebuah fobia spesifik adalah ketakutan yang intens terhadap objek tertentu atau peristiwa, seperti ular, ketinggian, terbang, dsb.

4.Gangguan kecemasan berlebihan
Gangguan kecemasan berlebihan ini terkadang tidak realistis yang terkadang datang tanpa sebab dan memunculkan perasaan mengganggu yang luar biasa.

Apa saja gejala gangguan kecemasan?
Gejala kecemasan bervariasi tergantung pada jenis gangguan kecemasan, tetapi gejala umum meliputi:

– Perasaan panik, ketakutan, dan kegelisahan
– Gangguan tidur
– Tangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat
– Sesak napas
– Jantung berdebar-debar
– Merasa gelisah
– Mulut kering
– Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki
– Mual
– Ketegangan otot
– Pusing.

Mengatasi kecemasan
Lakukanlah sebuah hobby sehingga membuat hidup lebih bergairah dan menyenangkan agar pikiran dapat rileks dan mengurangi tingkat stress yang tinggi sehingga menyebabkan kecemasan. Selain ini, Hipnoterapi juga dikenal sangat baik untuk mengatasi rasa cemas yang berlebihan ini.

10 thoughts on “GANGGUAN KECEMASAN BERLEBIHAN

  1. rizatun nimah

    apakah klinik anda memberikan pelayanan pada orang yg trsangkut suatu kasus. dan untuk menjelaskan alibinya diperlukan pengakuan bawah sadar, karena tak ada yg bisa menjelskan kbenaran alibi tersebut. Hal itu tdak dpergunakan dlam peradilan kepolisian, hanya digunakan untuk
    membuktikan pada pihak yg drugikan

    Reply
    1. Fresh Hipnoterapi Post author

      Kode etik Praktisi hipnoterapi sama seperti praktisi kesehatan lain seperti dokter atau psikiater, tidak boleh menjamin kesembuhan tapi kami menjamin memberikan upaya terbaik untuk kesembuhan. Apabila ada praktisi yang menjamin kesembuhan maka bisa dikatakan hanya demi kepentingan marketing belaka. Harus dipahami hipnoterapi bukan terapi obat maka tingkat keberhasilannya membutuhkan kerja sama yang baik antara terapis dan klien (yang diterapi) baik saat terapi maupun setelah terapi dalam kehidupan sehari-hari, Perlu dicatat bahwa sangat banyak klien yang dapat bekerja sama dengan baik dapat mencapai kesembuhan yang diinginkan.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *