BAWAH SADAR : RAHASIA DAN SISTEM KERJANYA

bawahsadarPikiran bawah sadar (Subconsious mind) atau orang indonesia umumnya menyebut alam bawah sadar bukanlah nama dari kondisi kesadaran, banyak orang membayangkan kalau pikiran bawah sadar adalah kondisi dimana menjadi setengah sadar atau hampir kehilangan kesadaran, pandangan ini kurang tepat.

Belum ada yang dapat membuktikan secara nyata dimana letak pikiran bawah sadar, ada yang menyebutkan letaknya di otak kanan, ada pula yang menyebutkan letaknya di jantung (heart) atau kita menyebutnya hati.

Pikiran bawah sadar adalah sebuah bank memori yang memiliki kapasitas tak terbatas dan menyimpan setiap peristiwa yang pernah terjadi didalam hidup pemiliknya. Tidak hanya peristiwa, juga setiap perasaan, emosi yang pernah dirasakan, diraba, dilihat dan didengar olehnya.

Contoh,
Lali (hanya nama buatan), seorang wanita berusia 32th selalu merasa puas ketika marah dengan membanting pintu dengan keras, dia tidak pernah belajar ataupun sengaja melakukannya. Melalui sesi hipnoterapi menemukan beberapa peristiwa yang diduga sebagai akar masalahnya, ketika Lali berusia 3th dia seringkali mendengar suara dan melihat barang-barang dibanting oleh sang Ibu ketika sang Ibu marah terhadap neneknya Lali. (Peristiwa pertama ini di rekam oleh bawah sadar: kemarahan dan membanting).
Ketika Lali berusia 13th Ibu melarang lali untuk mendengarkan musik pada malam hari, karena orang tua meminta lali untuk belajar, lali tidak suka dan marah. Di bawah sadar Lali ada rekaman orang membanting barang-barang, dan pada saat itu yang sedang dipegang oleh lali adalah pintu. Kemudian secara spontan Lali membanting pintu tersebut dan muncul perasaan  puas. (Peristiwa kedua ini di rekam oleh bawah sadar : Perasaan puas).
Setelah dua peristiwa di atas, setiap kali Lali marah, selalu melampiaskannya dengan membanting pintu dan merasa senang dan puas setelah melakukannya.

Dari contoh diatas adalah salah satu cara kerja pikiran bawah sadar, Disini digambarkan bahwa sifat pikiran bawah sadar adalah bersifat spontan dan tidak menganalisa, karena semua yang dilihat, didengar dan dirasakan diterima dan dimasukkan kedalam bank memori ini.

Para pakar setuju bahwa bawah sadar mengambil peranan dalam kehidupan ini dengan kadar yang sangat besar yaitu berpengaruh sebesar 88% dalam kehidupan sehari-hari, dengan kata lain bawah sadar ini paling dominan ketika beraktifitas, mengambil keputusan, berperilaku, meluapkan emosi, dsb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *