TERAPI INSOMNIA – HIPNOTERAPI JOGJA

Insomnia, gangguan atau kesulitan untuk tidur adalah masalah yang sering kali dianggap sepele oleh beberapa orang dan penderita insomnia biasanya mengalami gangguan secara fisik ketika bangun tidur bisa dimulai dengan migrain, mual, ataupun badan yang tidak nyaman.

hipnoterapi dikenal sangat efektif untuk mengatasi berbagai masalah, beban pikiran termasuk lebih mudah untuk mengatasi gangguan tidur dan dikenal sebagai terapi insomnia yang efektif.

terapi insomnia jogja

insomniaPENYEBAB INSOMNIA

Banyak pakar setuju bahwa penyebab terbesar insomnia dan gangguan tidur adalah faktor psikologis, dalam hal ini bantuan secara psikologis dapat membantu dan salah satu terapi psikologis yang terkenal efektif adalah hipnoterapi.

Banyak yang ditangani hipnoterapi dan banyak penderita Insomnia yang ditangani dan sudah berlangsung berlarut-larut dan sudah berjalan berminggu-minggu, bulan hingga tahunan. Berawal karena ada beban masalah, namun ketika beban masalah ini sudah selesai selanjutnya yang sering muncul adalah rasa takut dan tidak nyaman ketika mendekati tidur khususnya menjelang malam hari.

GEJALA INSOMNIA

Sebuah perasaan tidak nyaman seringkali menjadi awal gangguan tidur, biasanya diikuti dengan perasaan cemas, gelisah, atau rasa tidak tenang lainnya. Ketika semakin tidak tenang maka semakin sulit untuk dapat tidur dengan nyenyak. Atau mengingat secara terus-menerus masalah-masalah di masa lalu atau di masa depan karena mereka berbaring di tempat tidur terlalu lama tanpa tertidur. Pada insomnia akut, dimungkinkan ada suatu peristiwa yang memicu, seperti kematian atau penyakit yang menyerang orang yang dicintai. Hal ini dapat dikaitkan dengan timbulnya insomnia. Pola ini dapat menjadi tetap dari waktu ke waktu, dan pasien dapat mengalami tidak bisa tidur, berulang terus-menerus. Semakin besar usaha yang dikeluarkan dalam mencoba untuk tidur, tidur menjadi lebih sulit diperoleh. Menonton jam saat setiap menit dan jam berlalu hanya meningkatkan perasaan terdesak dan usaha untuk tertidur. Tempat tidur akhirnya dapat dipandang sebagai medan perang.

PENGOBATAN INSOMNIA

Pengobatan insomnia tergantung dari penyebabnya, jika penyebabnya adalah faktor usia maka belum tentu membutuhkan pengobatan karena hal ini wajar, ketika semakin bertambahnya usia jam tidur juga berkurang. Tetapi karena memikirkan hal ini terus menerus sehingga berujung stress dan menjadi benar-benar insomnia juga pernah terjadi.

Biasanya, masyarakat mendatangi psikiater untuk mendapatkan obat penenang untuk mengatasi masalah ini tetapi, penggunaan obat jangka panjang memang tidak disarankan. Bila sudah berkepanjangan sangat disarankan memilih terapi psikologi dan disarankan yang lebih efektif dengan hipnoterapi. Tentu saja jika pemicu insomnia adalah stress atau beban pikiran, akan lebih cepat dan mudah dengan terapi psikologi atau hipnoterapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *