TERAPI DEPRESI – Hipnoterapi Jogja

Terapi Depresi Jogja : Cara Mengatasi Depresi

Sebelum membahas tentang bagaimana mengatasi dan cara terapi depresi juga gejalanya beserta terapi depresi.

bagaimana mengatasidan cara terapi depresiTerapi Depresi Jogja : Pengertian Depresi

Sebelum membahas  bagaimana mengatasi depresi dengan terapi depresi, mari kita kenali dulu. Depresi merupakan gangguan mental yang sering muncul di tengah masyarakat.

Hipnoterapi klinis merupakan terapi depresi yang terkenal efektif untuk membantu mengatasi depresi tanpa obat-obatan, pijat ataupun akunpuntur, dengan memilih praktek hipnoterapi yang tepat dan masih murni dapat membantu menyelesaikan masalah depresi lebih efektif dan cepat.

Berawal dari stress yang dibiarkan dengan dalih akan sembuh dengan sendirinya. Ironisnya, jika dibiarkan justru semakin memperburuk kondisi penderita. Karena penderita  depresi mengalami gangguan mood, kondisi emosional berkepanjangan yang mewarnai seluruh proses mental (berpikir, berperasaan dan berperilaku) seseorang, muncul perasaan tidak berdaya dan kehilangan harapan yang disertai perasaan sedih, kehilangan minat dan kegembiraan sehingga jika dibiarkan tidak sedikit yang memiliki keinginan untuk bunuh diri.

Ada banyak faktor yang menyebabkan depresi, namun faktor psikososial adalah yang paling awal yang menjadi penyebabnya. Mari kita kenali penyebabnya untuk mencegah atau mungkin untuk mengatasi depresi.

Terapi Depresi Jogja : Penyebab Depresi

Faktor Psikososial, Faktor inilah yang paling banyak diteliti dan dikembangkan oleh para ahli psikologi, beberapa faktor psikososial penyebabnya adalah,

  • Peristiwa dalam kehidupan dan stress, menurut suatu pengamatan klinik menyatakan bahwa peristiwa dalam kehidupan yang penuh ketegangan dapat memicu timbulnya gangguan pikiran, perasaan dan perilaku.
  • Teori Kognitif,  Tiga pola kognitif utama pada depresi yang sering disebut dengan triad kognitif antara lain :  1. Pandangan negatif terhadap masa depan. 2. Pandangan negatif terhadap diri sendiri. 3. Pandangan negatif terhadap masa lalu / pengalaman hidup

Kedua faktor tersebut seringkali menjadi penyebab depresi. Selanjutnya, mari kita kenali gejalanyai.

Terapi Depresi Jogja : Gejala Depresi

Penderita gangguan ini pada umumnya menunjukkan gejala psikis, gejala fisik & sosial yang khas. Beberapa orang memperlihatkan gejala yang minim, beberapa

orang lainnya lebih banyak. Tinggi rendahnya gejala bervariasi pada individu dan juga bervariasi dari waktu ke waktu. Berikut ini beberapa gejala dari depresi :

  • Terus menerus merasa sedih, cemas, atau suasana hati yang kosong
  • Perasaan putus asa dan pesimis.
  • Perasaan bersalah, tidak berdaya dan tidak berharga.
  • Kehilangan minat atau kesenangan dalam hobi dan kegiatan yang pernah dinikmati.
  • Penurunan energi dan mudah kelelahan.
  • Kesulitan berkonsentrasi, mengingat, atau membuat keputusan.
  • Insomnia, pagi hari terbangun, atau tidur berlebihan.
  • Nafsu makan berkurang bahkan sangat berlebihan. Penurunan berat badan bahkan penambahan berat badan secara drastis.
  • Berpikir kematian atau bunuh diri, percobaan bunuh diri
  • Gelisah dan mudah tersinggung
  • Terus menerus mengalami gejala fisik yang tidak respon terhadap pengobatan, seperti sakit kepala, gangguan pencernaan, dan sakit kronis

Selanjutnya, mari kita bahas tentang pencegahan dan bagaimana mengatasi depresi.

Terapi Depresi Jogja : Cara Mengatasi Depresi

Selama ini, banyak orang berpikir dengan mengkonsumsi obat sudah cukup, karena masalah ini berkaitan dengan bagaimana cara berpikir dan bagaimana cara pandang seseorang terhadap hidup maka untuk mengatasinya juga dibutuhkan terapi kognitif untuk mengubah cara pandang seseorang untuk melihat realitas kehidupan dan pasien terapi akan dibimbing memecahkan masalahnya.

Terapi kognitif yang terkenal efektif dan populer adalah hipnoterapi dan psikoterapi, terapi ini membantu mengatasi depresi dengan mencari tahu sumber masalah yang menyebabkan permasalahan pikiran ini, kemudian diedukasi kembali tentang cara pandang yang baru terhadap masalah yang sedang dihadapi agar dapat mengatasi depresi tersebut.

Agar terhindar gangguan yang dapat mengganggu kejiwaan ini, memperbaiki cara pandang terhadap diri sendiri, pengalaman hidup dan masa depan sangatlah penting oleh karena itu perhatikan dengan seksama poin dibawah ini.

– artikel fresh hipnoterapi jogja –

Terapi Depresi dengan Menerima diri dan berdamai dengan diri sendiri,
Biasanya, penderita cenderung menyalahkan diri sendiri, maka dari itu berdamailah dengan diri sendiri dan syukuri diri ini apa adanya.

Terapi Depresi dan cara mengatasi dengan Mengenali dan mengendalikan pikiran dan perasaan negatif,
Dengan mengenali pikiran dan perasaan negatif membantu untuk mengendalikan pikiran dan perasaan negatif tersebut.

Terapi Depresi dan Cara Mengatasi dengan Selalu Optimis,
Penderita depresi umumnya mengalami perasaan pesimis, maka sangat penting untuk mulai menanamkan keyakinan optimis seperti : Saya bisa, saya kuat, saya bahagia, saya sukses, dll.

Sampai disini penjelasan dan menjawab bagaimana mengatasi dan terapi depresi, sampai bertemu di artikel selanjutnya.

terapi depresi jogja

Nb. Jika menemui kesulitan silahkan menghubungi hipnoterapist kami

Salam Bahagia,

Bagaimana Cara Mengatasi Dan Terapi Depresi

Nugroho EP
Mind Facilitator Specialist
fresh hipnoterapi jogja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *