Lompat ke konten

Apa Saja Tahapan yang Dilakukan Pada Proses Hipnoterapi?

hipnoterapi jogja

Akhir-akhir ini banyak yang menggunakan hipnoterapi sebagai terapi untuk proses penyembuhan dari trauma atau mengubah suatu kebiasaan. Lalu bagaimana proses hipnoterapi tersebut? Langkah-langkah apa saja yang perlu dilakukan ketika ingin melakukan hipnoterapi? Yuk simak pembahasannya disini.

Apa Saja Tahapan Pada Proses Hipnoterapi?

Dengan hipnoterapi atau yang sering disebut terapi hipnotis alam bawah sadar seseorang dirangsang agar lebih mudah diarahkan melalui sugesti yang baik. Dengan terapi ini seseorang dapat mengubah kebiasaannya dalam periode waktu yang panjang. Hipnosis banyak yang berhasil dilakukan walaupun ilmuwan ada yang kurang setuju mengenai cara kerja hipnoterapi ini.

Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Hipnoterapi

  1. Faktor Endogen

Sifat-sifat yang dimiliki seseorang merupakan salah satu contoh dari faktor endogen, yakni faktor yang berasal dari dalam diri orang tersebut. Sebelum melakukan hipnoterapi, Anda harus meyakinkan bahwa Anda memiliki alasan yang kuat agar dapat berubah.

  1. Faktor Eksogen

Faktor ini berasal dari luar seperti lingkungan sekitar. Hipnoterapi kemungkinan dapat sukses karena dukungan dari faktor lingkungan juga.

Bagaimana Proses dalam Hipnoterapi?

Terdapat beberapa proses yang bisa dilakukan ketika hipnoterapi, yaitu.

  1. Tahap Pre-talk

Ini adalah tahapan pertama dalam proses hipnoterapi, pada fase ini ahli terapis akan melakukan tahap pengeksporan informasi klien. Terapis akan mengorek informasi terkait penyebab klien tersebut mempunyai kebiasaan buruk, trauma, atau depresi. Kejujuran merupakan hal penting ketika melakukan pre-talk ini. Mungkin klien akan merasa malu mengungkapkan kenyataan yang dialami. Akan tetapi ketika masih terdapat penolakan, maka kemungkinan berhasil terapi hipnotis ini juga kecil.

Tahap pre-talk ini harus dilakukan dengan tepat. Karena ahli terapis perlu memperoleh apa yang menjadi disease (penyebab trauma) dan distress (kondisi setelah trauma).

  1. Analisis SWOT

SWOT jika dijabarkan memiliki kepanjangan yaitu Strengths, Weakness, Opportunities, dan Threats. Sebelum sampai pada fase hipnotis, Anda perlu mengenali diri sendiri terlebih dahulu. Seperti merenungkan yang menjadi kekurangan maupun kelebihan Anda, sehingga kedua faktor tersebut membuat keyakinan untuk bisa berubah.

  1. Tahap Pra Induksi

Pada fase ini, rancangan sugesti sudah dimulai dan dipersiapkan untuk memberikan pengaruh terhadap alam bawah sadar klien. Anda harus yakin apabila ingin sukses. Sebab timbul sedikit saja keraguan, peluang kegagalan pun akan bertambah besar.

Tahap Selanjutnya Saat Hipnoterapi

  • Induksi

Proses hipnoterapi selanjutnya adalah induksi yang mana pada tahap ini klien akan dibawa dari gelombang otak berada pada posisi sadar (alpha) menuju gelombak otak pada frekuensi 3 hz-8 hz (theta) atau dengan kondisi setengah tertidur.

Dalam situasi ini klien akan dibuat setengah mengantuk, tenang, tetapi masih dalam kondisi sadar. Sugesti dapat dengan mudah dimasukkan dalam posisi ini. Fase ini juga menentukan terapi hipnotis sukses atau gagal. Sebab ketika seseorang belum masuk dalam kondisi theta, sugesti sulit dimasukkan saat pikirannya masih tetap berpikir.

  • Deepening

Nah, pada fase ini sugesti sudah mulai dimasukkan pada seseorang. Dalam kondisi tidak tidur sepenuhnya (setengah mengantuk) kondisi tubuh menjadi terasa ringan. Agar sugesti dapat bekerja dengan baik, terapis memasukkannya secara satu per satu. Anda perlu menjaga agar tidak sampai tertidur, karena jika tertidur sugesti susah dimasukkan.

  • Hypnotheurapetic

Tahapan ini adalah tahapan yang paling penting, bisa dibilang ini adalah tahapan inti. Pada tahapan ini ketrampilan seorang hipnoterapis sangat berperan penting. Karena disini Hipnoterapis akan menentukan teknik hipnoterapi yang tepat untuk menangani permasalahan klien

  • Termination

Pada tahap inilah proses hipnoterapi pun selesai. Klien akan dibawa kembali menuju alam sadarnya. Terdapat kata-kata yang akan membawa klien kembali bangun tidak langsung dibangunkan begitu saja.

Demikian tadi serangkaian proses hipnoterapi. Sebelum Anda melakukan hipnoterapi hendaknya Anda mau menerima perubahan untuk agar bisa menjadi lebih baik. Sebab, yang menjadi kunci utama suksesnya terapi hipnotis adalah motivasi yang ada dalam diri sendiri. Kunjungi website https://www.fresh-hypnotherapy.com untuk mendapatkan manfaat hipnoterapi terbaik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi