Lompat ke konten

Cara Hipnoterapi dan Manfaatnya Ternyata Sangat Banyak

cara hipnoterapi
cara hipnoterapi

Hipnoterapi rasanya sudah bukan hal yang asing lagi di telinga masyarakat, karena metode ini dikenal mampu memberikan banyak manfaat. Meskipun begitu masih banyak masyarakat yang bingung bagaimana sebenarnya cara hipnoterapi ini bekerja.

Mengenal Hipnoterapi

Sebagai langkah awal sebelum mengetahui bagaimana cara hipnoterapi bekerja, ada baiknya untuk mengenal hipnoterapi terlebih dahulu. Jadi hipnoterapi ini diambil dari hypnosis dan terapi, dan dapat diambil kesimpulan kalau terapi yang dilakukan menggunakan metode hipnotis.

Dengan metode ini nantinya terapis akan memasuki alam sadar pasiennya, dan memberikan sugesti-sugesti tertentu supaya pasien dapat menyelesaikan masalah. Tidak jarang juga hipnoterapi ini akan membentuk ingatan baru pada pasien.

Manfaat hipnoterapi ini dikenal sudah sangat ampuh, karena dapat membuat pasiennya menyelesaikan masalah dengan cepat. Melalui rangsangan yang diberikan pada otak, tentu saja cara ini dinilai paling efektif untuk dilakukan.

Cara Hipnoterapi 

Setelah mengetahui apa itu hipnoterapi, maka saatnya untuk mengetahui bagaimana cara hipnoterapi dilakukan, sampai akhirnya pasien berhasil mendapatkan kesembuhannya. Bagi yang penasaran, di bawah ini adalah cara yang dapat dilakukan.

1. Membuat Pasien Rileks

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat pasien rileks terlebih dahulu, dan jangan sampai pasien dalam kondisi tertekan. Di sini biasanya terapis akan terlebih dahulu mengajak pasiennya untuk mengobrol santai supaya pasiennya terbawa suasana.

Pada proses ini pasien harus dibuat senyaman mungkin, dan sebisa mungkin melupakan semua masalah yang dimilikinya. Tujuannya agar nanti proses memasukkan sugesti ke pasien dapat berjalan dengan lebih mudah.

Karena kalau pasien dalam kondisi stress maupun tertekan biasanya akan membuat terapis kesulitan dalam memberikan sugestinya. Berbeda saat pasien dalam kondisi tenang, biasanya akan lebih mudah diberikan sugesti, karena pikirannya kosong.

2. Membantu Fokus Pasien

Hal yang selanjutnya harus dilakukan oleh seorang terapis adalah membantu pasien supaya dapat lebih fokus. Fokus ini sangat diperlukan supaya pasien dapat mendengarkan sugestinya dengan lebih tepat tanpa terhalang dengan hal lain.

Bayangkan saja kalau fokus pasien sedang berada di tempat lain, dan sugesti yang didengarkannya bersifat setengah-setengah. Tentu saja hal itu akan sangat berbahaya, dan justru membuat pasien menangkap hal yang berbeda. 

Apabila sudah seperti itu, kemungkinan besar proses hipnoterapi ini akan gagal. Karena sugesti yang diberikan tidak sesuai, dan yang ada malah menimbulkan masalah baru bagi pasiennya, oleh sebab itu proses yang satu ini sangat krusial.

3. Pasien Diberikan Sugesti

Kemudian kalau pasien sudah mulai tenang, dan fokusnya sudah dipastikan sesuai maka prosesnya adalah memberikan sugesti. Pemberian sugesti ini dapat dilakukan dengan cara membisikkan pasien dan meyakinkannya untuk melakukan hal yang sesuai dengan sugesti.

Hal yang diberikan sebagai sugesti ini disesuaikan dengan masalah masing-masing pasien. Karena berbeda masalahnya tentu sugestinya akan berbeda, pemberian sugesti ini juga tidak dapat dilakukan secara sembarangan.

Ada beberapa tahap yang harus dilakukan dengan tujuan agar sugesti tersebut dapat masuk dan diterima dengan baik oleh pasien. Seorang terapis tentu harus mengikuti tahapan tersebut, tujuannya tentu agar dapat mendapatkan hasil yang optimal, dan sesuai dengan keinginan.

4. Membentuk Ingatan Baru

Selain diberikan sugesti, pasien juga diajak untuk membentuk ingatan baru. Biasanya hal ini paling sering terjadi apabila pasien yang ditangani memilih masalah kebiasaan, ataupun fobia dan ingin sembuh dari kedua hal tersebut.

Misalnya saja pada fobia, pasien akan diberikan ingatan baru untuk menggantikan ingatan lama yang menjadi penyebab rasa fobia itu muncul. Akhirnya pasien melupakan fobia yang dimilikinya, dengan mengandalkan ingatan baru tersebut.

Cara hipnoterapi ini merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk menyembuhkan trauma, ataupun menghilangkan kebiasaan buruk. Karena itu, wajib untuk mencoba cara yang satu ini supaya dapat dengan segera menghilangkan kedua hal tersebut.

5. Diajarkan Cara Menghadapi Masalah

Tidak hanya dibentuk ingatan baru, biasanya apabila berkaitan dengan trauma ataupun fobia maka pasiennya akan diberikan cara untuk menghadapi kedua hal tersebut. Tujuannya agar kedua hal tersebut tidak lagi mengganggu kehidupannya.

Di sini pasien akan diberikan sugesti, bagaimana cara yang tepat untuk menghadapi masalah tersebut. Nantinya sugesti ini yang akan membantu pasien untuk menghadapi masalah yang ingin disembuhkannya, atau dengan kata lain memberikan kekuatan kepada pasien melalui pikiran.

Nantinya setelah proses ini dilakukan, pasien akan hidup sebagai pribadi yang baru dan mampu menyelesaikan masalah sendiri. Tidak ada lagi teror yang akan mengganggu kehidupan pasien dari ingatan buruk ataupun kebiasaan buruknya yang mungkin dapat merusak.

6. Merangsang Kinerja Otak

Terakhir adalah adanya pemberian rangsangan supaya otak mau bekerja sesuai dengan keinginan. Misalnya saja untuk menambah tinggi, nantinya otak akan diberi rangsangan untuk terus mengeluarkan hormone penambah tinggi badan.

Selanjutnya untuk menghadapai rasa takut, otak sudah dirangsang untuk melawan dan tidak menghiraukan rasa takut tersebut. Rangsangan dari otak ini tentunya akan sangat ampuh untuk menghadapi masalah tersebut.

Karena otak merupakan organ utama yang mempengaruhi keseluruhan kinerja tubuh. Jadi tentu kalau otak sudah mengeluarkan perintah, maka secara otomatis semua anggota tubuh yang lainnya akan mengikuti. Begitu juga dengan pelepasan hormone, dan berbagai kegiatan lainnya. 

Manfaat Hipnoterapi 

Setelah mengetahui bagaiman cara hipnoterapi yang ternyata sangat menarik, maka sekarang saatnya untuk mengetahui manfaat apa saja yang dapat pasien rasakan dari hipnoterapi. Karena manfaatnya sangat banyak, dan berikut ini adalah sedikit pembahasannya.

1. Menyelesaikan Masalah Kesehatan

Hal pertama adalah kegiatan hipnoterapi ini dapat menyembuhkan berbagai masalah kesehatan, dari mulai fisik sampai mental. Pengobatannya yang menggunakan metode hipnotis sangat efektif untuk menyelesaikan semuanya dengan baik dan juga cepat.

2. Menghindari Ketergantungan Obat

Manfaat selanjutnya yang mungkin tidak akan didapatkan apabila menggunakan pengobatan lain adalah tidak adanya ketergantungan obat. Hal inilah yang menjadikan banyak orang untuk melakukan terapi ini untuk kesembuhan, karena tidak adanya ketergantungan obat.

3. Tidak Menggunakan Tindakan Berbahaya

Selanjutnya adalah tidak adanya tindakan berbahaya sama sekali dalam terapi ini, jadi efek sampingnya tidak akan berbahaya. Pasien hanya akan diberikan sugesti sesuai dengan masalah yang dihadapi, dan kemudian menyelesaikan semuanya dengan baik.

4. Dapat Dilakukan Tanpa Rasa Sakit

Tidak perlu mendapatkan suntikan, atau apapun hal yang berkaitan dengan rasa sakit. Karena di sini pasien akan langsung mendapatkan terapi dengan hanya mengandalkan sugesti dan kemampuan melatih fokus saja, tanpa memerlukan tindakan yang lain.

5. Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Ingatan

Terakhir adalah metode ini dapat membantu pasien untuk menyelesaikan masalah yang dialaminya yang berkaitan dengan ingatan. Sebut saja beberapa hal yang tadi sudah disinggung, dari mulai trauma phobia, kebiasaan buruk, dan beberapa hal lainnya dapat ditangani di sini.

Jadi, setelah mengetahui cara hipnoterapi yang baik dan bagaimana manfaat yang diberikannya sudah tidak ragu lagi dengan metode ini. Namun, dalam memilih tempat hipnoterapinya tidak boleh sembarangan harus yang sudah kredibel supaya prosesnya benar-benar sesuai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi