Lompat ke konten

Bagaimana Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan Dengan Hipnosis?

cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi
cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi

Gangguan kecemasan merupakan kondisi psikologis seseorang yang menyebabkan perasaan takut dan cemas berlebih terhadap kondisi tertentu. Ketika mengalami hal tersebut salah satu proses penyembuhan yang bisa dilakukan adalah dengan hipnoterapi. Hipnoterapi dalam dunia medis banyak digunakan untuk mengatasi gangguan fisik maupun mental. Lantas bagaimana cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi?

Salah satu manfaat hipnoterapi adalah mengatasi masalah kesehatan mental termasuk mengatasi gangguan kecemasan.  Hipnoterapi bisa menjadi alternatif pilihan untuk melakukan pengobatan dalam rangka menghilangkan kecemasan berlebih yang dialami oleh seseorang. Sebab hipnoterapi dapat membantu tubuh menjadi lebih rileks.

Mengenal Gangguan Kecemasan dan Gejalanya

Sebelum melangkah lebih lanjut pada sesi penyembuhan kecemasan dengan menggunakan hipnoterapi, sebaiknya pahami terlebih dahulu apa itu gangguan kecemasan. Cemas atau perasaan gelisah merupakan reaksi wajar tubuh yang memberikan sinyal waspada. Namun bagaimana jika perasaan cemas tersebut tidak bisa terkontrol?

Jika kecemasan secara berlebih dan sampai mengganggu aktivitas maka hal ini dapat dikatakan sebagai gangguan kecemasan. Gangguan kecemasan yang terjadi pada seseorang adalah sebuah gangguan mental sebab adanya kerusakan fungsi otak untuk mengatasi rasa takut dan emosi. Cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi akan dibutuhkan jika seseorang sudah mengalami hal tersebut.

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan kecemasan pada seseorang. Diantaranya adalah gangguan kepribadian, keturunan, pengalaman traumatis, stress, dan efek samping dari penggunaan obat-obat tertentu. Penderita gangguan kecemasan akan mengalami beberapa reaksi ketika berhadapan dengan objek atau kondisi tertentu.

Ada 3 macam gangguan kecemasan yaitu serangan panik, gangguan kecemasan sosial, dan gangguan kecemasan umum. Umumnya para penderita gangguan kecemasan akan mengalami perasaan takut berlebih, berkeringat, gemetar dan dada berdebar-debar. Bahkan dalam kondisi tertentu hal ini bisa menyebabkan sesak nafas, gangguan nafsu makan hingga gangguan tidur.

Cara Mengatasi Gangguan Kecemasan dengan Hipnoterapi

Gangguan kecemasan dapat diatasi dengan melakukan sesi hipnoterapi yang teratur. Ketika melakukan hipnoterapi, hipnoterapis akan membantu pasien mengeksplor alam bawah sadar untuk menemukan pemicu terjadinya kecemasan. Secara umum cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi, dilakukan dengan cara berikut ini:

1. Mendiskusikan Keluhan dengan Hipnoterapis

Sebelum sesi hipnoterapi dimulai, hipnoterapis akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan proses hipnoterapi. Pada sesi ini pasien dapat mendiskusikan mengenai risiko dan manfaat dari hipnoterapi, sehingga pasien juga bisa menyampaikan pertanyaan dan keluhannya kepada hipnoterapis. Setelah itu barulah hipnoterapis meminta persetujuan untuk melanjutkan sesi hipnoterapi.

2. Mempersiapkan Pasien

Sebenarnya dalam melakukan hipnoterapi tidak membutuhkan persiapan khusus. Pasien hanya diminta untuk mengambil posisi yang paling nyaman ketika akan memulai sesi hipnoterapi. Pasien bisa memposisikan diri dengan berbaring atau duduk dengan nyaman. Biasanya hipnoterapi akan dilakukan di ruangan yang sejuk, luas dan nyaman diselingi dengan suara-suara yang menenangkan.

3. Memberikan Terapi Relaksasi

Ketika proses hipnoterapi dimulai, hipnoterapis akan meminta pasien untuk merelaksasikan pikiran. Langkah awal ini akan mendorong pasien untuk fokus pada sesuatu yang membuat pasien merasa lebih tenang. Dalam melakukan terapi relaksasi ini ada beberapa metode yang biasanya digunakan.

Biasanya metode yang digunakan akan dipilih sesuai dengan kebutuhan dari pasien. Beberapa metode tersebut diantaranya adalah deep breathing, mindfulness, guided imagery, meditation dan progressive muscular relaxation. Berikut ini penjelasan dari metode tersebut:

  • Deep breathing, metode ini efektif digunakan untuk mengatasi kecemasan dan juga ketegangan motorik. Ketika menggunakan deep breathing pasien akan diminta untuk melakukan pernapasan perut.
  • Meditasi dan mindfulness, metode ini melatih pikiran dan menginduksi kewaspadaan pasien. Dengan menggunakan teknik ini pasien dapat lebih fokus pada fungsi tubuh, sensasi, perasaan, pikiran dan juga lingkungan sekitarnya.
  • Progressive muscular relaxation merupakan metode relaksasi yang melibatkan peregangan otot, biasanya dapat dilakukan dengan yoga atau senam peregangan.
  • Guide imagery, metode yang satu ini memberikan sugesti kepada pasien untuk membayangkan sesuatu yang menenangkan.

4. Mengeksplorasi Masa Lalu

Proses hipnoterapi membutuhkan fokus yang tinggi, sehingga ketika pasien berhasil memikirkan hal yang membuat tenang, maka hipnoterapis akan menginstruksikan untuk lebih memfokuskan pikiran pada hal tersebut. Dalam kondisi yang lebih tenang, hipnoterapis akan memandu pasien untuk menceritakan masalah yang dihadapi, rasa takut, kecemasan dan trauma yang pernah dialami.

Hipnoterapis juga akan meminta pasien untuk menceritakan awal mula mengalami kecemasan tersebut. Pada tahap ini hipnoterapis tidak akan mengendalikan pikiran dari pasien. Meskipun dalam kondisi setengah sadar, namun pasien masih mampu mengontrol diri sendiri, sehingga hipnoterapi hanya memandu pasien untuk menceritakan semua masalah yang dialami.

5. Menanamkan Sugesti

Pada tahap selanjutnya cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi adalah dengan memberikan sugesti. Sugesti yang diberikan oleh hipnoterapis bertujuan untuk merubah perilaku serta pola pikir pasien ketika menghadapi masalah yang mengganggu sehingga dapat menciptakan ketenangan diri dan meningkatkan kepercayaan diri. Teknik yang dilakukan oleh hipnoterapis ini disebut dengan penanaman sugesti.

6. Mengakhiri Hipnoterapi

Selama melakukan tahap hipnoterapi, pasien sedang dalam kondisi yang setengah sadar. Setelah penanaman sugesti sudah masuk ke pasien maka sesi hipnoterapi berakhir. Pada tahap terakhir dari sesi hipnoterapi ini pasien akan dipandu lagi oleh hipnoterapis untuk kembali perlahan-lahan kembali sadar.

Setelah sesi ini berakhir biasanya pasien akan diberikan arahan oleh hipnoterapis mengenai tindak lanjut dari hipnoterapi yang dilakukan. Kemudian hipnoterapis juga biasanya akan memberikan arahan untuk melakukan self hipnoterapi. Dengan demikian pasien bisa mengatasi sendiri apabila sewaktu-waktu gangguan kecemasan tersebut muncul.

Apakah Hipnoterapi Ampuh Mengatasi Gangguan Kecemasan?

Efektivitas dari hipnoterapi memang belum tentu cocok untuk semua orang. Oleh sebab itu untuk melakukan hipnoterapi sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan tenaga ahli, apakah pasien cocok menggunakan metode penyembuhan ini atau tidak. Sebab jika tidak, hipnoterapi justru akan memberikan resiko buruk yang lebih besar.

Pada beberapa kasus, hipnoterapi memang tidak disarankan. Seperti pada pasien dengan gejala delusi dan halusinasi, sebab hal tersebut justru akan memperparah kondisi yang sedang dialami. Oleh sebab itu hipnoterapi yang dilakukan tidak boleh sembarangan karena bisa menimbulkan beberapa risiko berikut ini:

  • Menyebabkan rasa sakit kepala
  • Menimbulkan gejala kecemasan yang lebih parah
  • Menciptakan ingatan palsu sebab sugesti yang diberikan

Sebelum melakukan hipnoterapi untuk mengatasi masalah kecemasan yang dialami pastikan untuk memilih hipnoterapis yang sudah terlatih dan profesional. Seorang terapis wajib memiliki sertifikasi keahlian untuk melakukan praktik tersebut. Dengan memilih hipnoterapis yang tepat maka diharapkan dapat mengatasi gangguan kecemasan yang dialami dengan lebih efektif.

Itu tadi adalah beberapa cara mengatasi gangguan kecemasan dengan hipnoterapi. Memiliki gangguan kecemasan menunjukkan kondisi psikologis seseorang sedang tidak baik-baik saja. Hal tersebut tidak boleh dianggap sepele, sebab jika dibiarkan bisa menjadi lebih parah dan berdampak pada kehidupan yang dijalani. Oleh sebab itu segera lakukan tindakan jika merasa mengalami gangguan kecemasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi