Lompat ke konten

Cara Mengatasi Gangguan Tidur Dengan Hipnoterapi, Efektif!

cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi
cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi

Insomnia atau gangguan tidur yang dialami seseorang dapat berdampak pada produktivitas dan juga kontrol emosi. Oleh sebab itu penderita insomnia akan berusaha mendapatkan kembali pola tidur yang teratur dengan jam yang cukup. Salah satu cara mengatasinya adalah menggunakan hipnoterapi. Cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi merupakan alternatif pemulihan dengan membuat tubuh lebih rileks.

Apa Itu Insomnia?

Masalah gangguan tidur seperti insomnia adalah hal yang umum terjadi. Ciri-ciri dari penderita insomnia adalah mengalami susah tidur atau tidur yang tidak nyenyak. Biasanya hal tersebut dapat terjadi dalam hitungan hari atau bahkan berbulan-bulan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan seseorang mengalami insomnia diantaranya seperti rasa duka, stress, konsumsi alkohol hingga beberapa masalah kesehatan lainnya. Seseorang yang menderita insomnia akan mengalami gangguan ketika beraktivitas seperti menurunnya konsentrasi, kelelahan dan menurunnya daya ingat. Bahkan insomnia juga bisa menyebabkan gangguan fisik dan mental.

Untuk mengatasi insomnia, penderita biasanya menggunakan obat tidur atau penenang untuk membantu tidur. Namun sayangnya pemakaian obat ini tidak menyelesaikan masalah dan justru dapat menimbulkan masalah baru jika pengguna ketergantungan dengan obat tersebut. Oleh sebab itu cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi menjadi alternatif pilihan untuk bisa mengatasi insomnia hingga ke akar masalah.

Cara Melakukan Hipnoterapi Untuk Menyembuhkan Insomnia

Dalam dunia kesehatan hipnoterapi digunakan sebagai metode pengobatan dengan cara memasuki alam bawah sadar. Sleep hypnosis atau terapi tidur merupakan hipnoterapi yang digunakan untuk membantu mengatasi masalah tidur yang dialami oleh seseorang. Tujuan dari dilakukannya hipnoterapi ini adalah untuk membuat seseorang tertidur selama proses hipnoterapi berlangsung.

Lebih dari itu proses hipnoterapi juga bekerja untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan yang berkaitan dengan pola tidur yang negatif. Cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi biasanya dilakukan dengan beberapa kali sesi agar manfaat yang didapatkan dapat dirasakan secara berkelanjutan. Dalam melakukan sesi hipnoterapi tersebut seorang hipnoterapis akan melakukan beberapa hal berikut:

1. Meminta Persetujuan

Sebelum melakukan hipnoterapi, hipnoterapis akan menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan proses hipnoterapi. Pada sesi ini pasien dan hipnoterapis dapat mendiskusikan mengenai risiko dan manfaat dari hipnoterapi yang akan dilakukan, sehingga pasien juga bisa menyampaikan pertanyaan dan keluhannya kepada hipnoterapis. Setelah itu barulah hipnoterapis meminta persetujuan untuk melanjutkan sesi hipnoterapi.

2. Menginduksi Hipnotis

Ketika proses hipnoterapi dimulai, hipnoterapis akan meminta pasien untuk merelaksasikan pikiran. Langkah awal ini akan mendorong pasien untuk fokus pada sesuatu yang membuat pasien merasa lebih tenang. Hipnoterapis akan menyarankan pasien untuk memikirkan apa saja dan fokus pada pikiran yang membuat tenang tersebut selama sesi awal hipnoterapi dimulai.

3. Menginstruksikan Pasien Untuk Memperdalam Fokus

Selanjutnya hipnoterapi diteruskan dengan meningkatkan fokus pada pikiran yang menenangkan. Proses hipnoterapi membutuhkan fokus yang tinggi. Dengan demikian ketika pasien berhasil memikirkan hal yang membuat tenang, maka hipnoterapis akan menginstruksikan untuk lebih memfokuskan pikiran pada hal tersebut.

4. Memberikan Saran Terapeutik

Ketika pasien sudah berada di fase setengah sadar dan mulai masuk ke alam bawah sadar, maka pada sesi tersebut hipnoterapis akan memberikan saran terapi. Pada pasien insomnia, hipnoterapis akan memberikan saran yang ditujukan untuk membuat pasien tidur. Hipnoterapis bisa mendorong pasien agar mengurangi rasa kecemasan yang menyebabkan susah tidur.

Selain itu hipnoterapis juga bisa memberikan saran untuk mengikuti jadwal tidur yang lebih teratur. Saran-saran yang diberikan hipnoterapis tersebut akan membantu pasien mempengaruhi alam bawah sadar dan perlahan mengubah kebiasan tidur pasien yang tidak teratur. Sebagian besar penelitian membuktikan bahwa tahap hipnoterapi ini dapat menggunakan media pembantu seperti audio, video atau aplikasi tertentu.

5. Mengakhiri Hipnoterapi

Selama melakukan tahap hipnoterapi, pasien sedang dalam kondisi yang setengah sadar. Pada tahap terakhir dari sesi hipnoterapi ini pasien akan dipandu lagi oleh hipnoterapis untuk kembali sadar. Secara perlahan hipnoterapis akan membantu pasien untuk kembali terjaga dan lebih waspada.

6. Menjadwalkan Tindak Lanjut

Setelah sesi hipnoterapi berakhir, sebaiknya pasien mengomunikasikan lebih lanjut mengenai terapi yang dilakukan. Pasien dapat meminta media pembantu seperti audio, video atau aplikasi tertentu untuk membantu mengembangkan rutinitas baik yang bisa mempengaruhi pola tidur pasien. Setelah itu evaluasi kebiasaan tidur setelah melakukan hipnoterapi apabila masih mengalami masalah segera jadwalkan hipnoterapi lagi.

Cara Melakukan Hipnoterapi Sendiri Untuk Mengatasi Insomnia

cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi

Para ahli menyarankan agar tindakan hipnoterapi ini dilakukan oleh tenaga profesional. Beberapa tenaga profesional seperti dokter, perawat, psikolog dan juga psikiater dapat membantu melakukan tahap-tahap dalam hipnoterapi. Namun bagi sebagian orang melakukan self hypnoterapi lebih praktis daripada pergi ke klinik untuk melakukan hipnoterapi.

Meskipun dapat dilakukan sendiri di rumah, ada baiknya jika sebelum melakukan hipnoterapi lakukan konsultasi dengan tenaga professional. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan arahan dan saran metode hipnoterapi yang lebih efektif untuk dilakukan sendiri. Dengan demikian, penderita insomnia bisa merasakan manfaat dari hipnoterapi secara lebih mendalam.

Ketika mengalami insomnia, cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi berikut ini bisa ditiru. Dalam melakukannya ada beberapa aktivitas yang harus dilakukan. Berikut ini adalah cara melakukan hipnoterapi sendiri di rumah untuk mengatasi insomnia:

  • Mencari posisi yang nyaman. Untuk memulai sesi hipnoterapi sendiri bisa dilakukan dengan mulai mencari posisi tubuh yang nyaman. Bisa dilakukan dengan duduk atau dalam kondisi berbaring, gunakan pakaian yang nyaman dan tidak merasa tegang. Ketika memulai sesi ini sebaiknya tidak dilakukan dengan kondisi perut yang terlalu kenyang.
  • Mengatur napas. Selanjutnya cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi sendiri adalah dengan mengatur pernapasan. Buat badan lebih rileks kemudian tarik nafas perlahan dan hembuskan. Lakukan berulang kali hingga tubuh merasa lebih tenang dan nyaman. Terus ulangi dengan menutup mata secara natural sembari membuat seluruh tubuh merasa rileks.
  • Fokus pada satu titik. Untuk membuat tubuh lebih rileks fokuskan pikiran pada satu hal yaitu keinginan untuk tidur. Beri sugesti pada diri sendiri untuk rileks dan tidak memikirkan hal lain selain tidur. Untuk melakukannya bisa juga dengan menghitung satu sampai lima.

Inti dari melakukan hipnoterapi sendiri ini adalah untuk membuat tubuh merasa rileks. Dengan kondisi tubuh yang rileks dan nyaman maka secara perlahan akan membantu mengatasi masalah susah tidur. Usahakan untuk tidak memikirkan hal lain yang memicu overthinking ketika melakukan sesi hipnoterapi ini.

Apakah Hipnoterapi Ampuh Mengatasi Insomnia?

Nyatanya cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi memang dapat membantu mengatasi permasalah tidur yang dialami oleh seseorang. Sesi hipnoterapi mendorong peningkatan relaksasi dan mengurangi kecemasan serta depresi yang mana keduanya berpengaruh pada gangguan tidur. Dengan demikian pada orang dengan kondisi insomnia, hipnoterapi dapat membantu memperbaiki kualitas tidur orang tersebut.

Agar hasil hipnoterapi lebih maksimal sebaiknya lakukan dengan tenaga profesional. Sebab tidak semua orang dapat menerima hipnoterapi sebagai metode penyembuhan gangguan tidur. Misalnya kepada orang yang mengalami PTSD maka untuk melakukan hipnoterapi harus sangat berhati-hati.

Itu tadi adalah beberapa cara mengatasi gangguan tidur dengan hipnoterapi. Metode yang satu ini memang dinilai efektif untuk membantu gangguan tidur. Melakukan hipnoterapi juga memiliki efek samping yang lebih ringan dibandingkan menggunakan obat tidur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi