Lompat ke konten

Dampak Negatif dan Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

cara mengatasi kecanduan media sosial

Banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk bermain media sosial. Mulai dari melihat konten menarik, memposting foto atau video, dan sebagainya. Namun hal-hal tersebut, banyak yang tidak menyadari, jika sebenarnya sudah kecanduan media sosial. Ada banyak dampak negatif, dan harus segera diatasi. Berikut cara mengatasi kecanduan media sosial yang mengganggu aktivitas:

5 Dampak Negatif Kecanduan Media Sosial yang Paling Sering Terjadi

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi kecanduan media sosial, pengguna harus tahu mengenai dampak negatifnya. Ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan, mulai dari mengganggu aktivitas hingga memperburuk kualitas tidur. Berikut beberapa dampak negatif kecanduan media sosial:

Social Media Social Media Addiction Network

1. Mengganggu Aktivitas

Dampak negatif yang pertama ialah mengganggu aktivitas sehari-hari. Seseorang yang kecanduan media sosial, akan terus menghabiskan waktunya di aplikasi tersebut. Akibatnya, kegiatan sehari-hari pun terlantar. Banyak pekerjaan yang tidak selesai, karena pengguna malah sibuk bermain media sosial.

2. Memicu Kecemasan hingga Depresi

Berikutnya ialah memicu kecemasan hingga depresi. Orang yang kecanduan media sosial, bakal selalu cemas akan ketinggalan sesuatu di media sosial. Hal tersebut dinamakan FOMO (Fear of Missing Out), syndrome ini membuat orang takut akan ketinggalan trend di media sosial. Akibatnya dirinya akan selalu berada di media sosial, untuk mengikuti semua hal yang sedang terkenal.

3. Kualitas Tidur Memburuk

Dampak negatif selanjutnya adalah kualitas tidur memburuk. Orang yang kecanduan media sosial, akan bermain media sosial tanpa mengenal waktu. Akibatnya jam tidur berkurang, dan kualitas tidur pun memburuk. Tentu hal tersebut sangat berbahaya, karena bisa mengganggu kesehatan.

4. Memunculkan Rasa Persaingan yang Tidak Sehat

Dampak negatif berikutnya ialah memunculkan rasa persaingan yang tidak sehat. Saat melihat orang lain memposting sesuatu, pengguna merasa iri dan marah. Akhirnya pengguna juga berusaha memposting sesuatu, supaya tidak kalah dari orang tersebut. Hal tersebut dinamakan persaingan yang tidak sehat.

Padahal tidak ada yang mengajak untuk bersaing, hanya saja banyak yang merasa tersaingi. Akhirnya orang yang kecanduan media sosial pun, akan melakukan segala cara supaya bisa menyaingi. Tentu hal tersebut sangat tidak benar, karena bisa menimbulkan rasa cemas berlebihan hingga mengalami depresi.

5. Sulit untuk Diberitahu dan Menjadi Tempramen

Dampak negatif yang kelima ialah sulit untuk diberitahu, hingga menjadi tempramen atau pemarah. Pengguna yang sudah kecanduan parah, biasanya tidak mau diberi nasehat. Ketika diberi nasihat untuk berhenti dari media sosial, biasanya dirinya akan marah. Jika sudah sampai di tahap ini, maka harus diatasi hingga benar-benar bisa lepas dari media sosial.

Dari Penulis:
Apabila Anda adalah seorang pemilik bisnis yang ingin listing bisnis Anda dicantumkan, atau ingin posisi Anda berada di atas maka hubungi saya di Instagram @gun_abraham. Syarat dan Ketentuan berlaku.

7 Cara Mengatasi Kecanduan Media Sosial

Setelah mengetahui beberapa dampak negatif kecanduan media sosial, selanjutnya pengguna harus tahu cara mengatasinya. Jika tidak segera diatasi, kecanduan ini akan makin parah dan membawa dampak negatif lainnya. Berikut cara mengatasi kecanduan media sosial yang mengganggu:

1. Matikan Notifikasi Semua Aplikasi Media Sosial

Pertama ialah dengan mematikan notifikasi, semua aplikasi media sosial yang pengguna punya. Tujuannya, supaya pengguna bisa menjauh dari media sosial. Jadi pengguna tidak akan tahu, hal apa yang sedang terjadi di media sosial. Awalnya memang agak sulit, namun lambat laun pengguna akan terbiasa untuk hidup tanpa notifikasi dari media sosial.

2. Sibukkan Diri dengan Kegiatan Positif

Cara yang kedua adalah menyibukkan diri dengan kegiatan positif. Ada banyak sekali kegiatan positif, yang bisa dilakukan tanpa bermain media sosial. Contoh kegiatan positif yang bisa dilakukan yakni berolahraga, berwisata, serta masih banyak lagi. Dengan menyibukkan diri, lama-lama pengguna akan lupa dengan media sosialnya.

Jadi pengguna tidak akan memikirkan, hal apa yang sedang terjadi di media sosial. Tidak cuma mengatasi kecanduan media sosial, cara berikut juga dapat membawa banyak manfaat. Seperti misalnya olahraga, yang dapat menyehatkan badan. Lalu kegiatan jalan-jalan, yang dapat menenangkan pikiran.

3. Lebih Banyak Bergaul dengan Orang Nyata

Cara berikutnya ialah lebih banyak bergaul dengan orang nyata. Jika selama ini pengguna hanya berinteraksi di media sosial, maka kini saatnya untuk bergaul dengan orang nyata. Tidak perlu yang jauh, pengguna bisa bergaul dengan keluarganya lebih dulu. Setelah itu, pengguna bisa mulai bergaul dengan teman-temannya di dunia nyata.

Dengan cara ini, pengguna akan merasakan kehangatan dari orang-orang sekitar. Lama-lama pengguna akan malas untuk berinteraksi di media sosial, karena sudah terbiasa berinteraksi di dunia nyata. Cara mengatasi kecanduan media sosial satu ini wajib diterapkan, supaya pengguna tidak lupa dengan interaksi yang nyata.

4. Coba Hapus Beberapa Aplikasi Media Sosial

Cara yang keempat adalah dengan menghapus beberapa aplikasi media sosial, yang tidak begitu penting. Hal ini dilakukan, guna mengurangi aktivitas pengguna di media sosial. Hapus aplikasi yang paling memakan banyak waktu, atau paling sering dipakai pengguna. Cara mengatasi kecanduan media sosial satu ini dapat diterapkan, apabila cara pertama gagal.

Dengan hilangnya aplikasi tersebut, pengguna akan lebih fokus ke dunia nyata. Tidak cuma itu, tujuan dari penghapusan ini supaya pengguna tidak terganggu, ketika sedang menggunakan Hp. Lambat laun pengguna akan terbiasa, untuk hidup tanpa aplikasi media sosial yang tidak penting.

5. Filter Pertemanan di Media Sosial

Cara selanjutnya ialah dengan menyaring pertemanan di media sosial. Tidak cuma di dunia nyata, namun semua orang juga harus menyaring pergaulan di media sosial. Pasalnya banyak pergaulan tidak sehat, yang bertebaran di media sosial. Contohnya adalah pergaulan yang selalu bersaing, hingga mengajak untuk melakukan kejahatan.

Tidak cuma itu, pengguna juga bisa menjadi korban kejahatan, bila tidak menyaring pertemanan di media sosial. Jadi jangan lupa untuk menyaring pertemanan, karena tidak semua hal di media sosial itu baik. Apalagi jika pertemanan di media sosial ini, sampai membuat pengguna lupa dengan pergaulan di dunia nyata.

6. Batasi Penggunaan Media Sosial

Cara yang keenam adalah membatasi penggunaan media sosial. Mungkin cara ini sulit untuk dilakukan, karena hampir setiap saat pengguna bermain media sosial. Jika dibiasakan, lama-lama pengguna akan terbiasa untuk tidak bermain media sosial. Jadi cukup jalankan media sosial, ketika ada hal yang penting.

Pengguna juga bisa memanfaatkan alarm, untuk menjalankan cara satu ini. Jadi pasang alarm sebagai pengingat, misalnya 30 menit hingga 1 jam. Mainkan media sosial sesuai waktu yang sudah ditentukan. Saat alarmnya berbunyi, maka pengguna harus menyudahi kegiatannya di media sosial.

7. Jauhkan Hp Ketika Waktu Tidur

Cara yang terakhir adalah dengan menjauhkan Hp ketika waktu tidur. Tujuannya supaya pengguna bisa tidur dengan nyenyak, bukannya malah bermain media sosial. Letakkan Hp di tempat yang susah dijangkau, ketika hendak tidur. Dijamin pengguna akan malas untuk mengambil Hp, dan akhirnya memilih untuk beristirahat.

Itulah pembahasan mengenai dampak negatif, dan cara mengatasi kecanduan media sosial yang mengganggu. Segera lakukan semua cara di atas, supaya pengguna bisa lepas dari kecanduan media sosial. Hidup akan terasa lebih enak, ketika pengguna tidak banyak menghabiskan waktunya di media sosial.

Apabila anda adalah seorang hipnoterapis dan ingin listingan anda dicantumkan atau ingin berada digoogle. Maka bisa hubungi saya DISINI
*syarat dan ketentuan berlaku

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi