Lompat ke konten

Efek Samping Hipnoterapi dan Cara Tepat untuk Menghindarinya 

efek samping hipnoterapi

Hipnoterapi merupakan metode pengobatan yang sudah tidak asing lagi di masyarakat, karena dinilai mampu memberikan banyak manfaat. Namun dibalik banyaknya manfaat yang dapat diberikan oleh terapi ini, ternyata ada beberapa efek samping hipnoterapi yang menginta

Tentunya efek samping hipnoterapi ini sama sekali tidak boleh diremehkan, karena akan berbahaya juga bagi pasiennya. Oleh sebab itu di sini akan dibahas apa saja efek samping yang mungkin diberikan oleh terapi ini, dan bagaimana cara menghindarinya.

Efek Samping Hipnoterapi

Hal pertama yang akan dibahas adalah efek samping hipnoterapi yang mungkin saja terjadi pada pasien, dan yang paling banyak ditemukan. Adapun beberapa efek samping yang mungkin terjadi pada pasien hipnoterapi, diantaranya:

1. Mencipatakan Ingatan yang Salah

Pada saat prosesnya, terapis akan menciptakan ingatan yang baru untuk pasien dengan tujuan agar ingatan lama yang menyebabkan masalah dapat dihilangkan. Proses ini sangat membantu bagi pasien, namun kalau dipikir lagi sebenarnya ini dapat membuat ingatan yang salah.

Misalnya saja ingatan yang ingin dilupakan karena menyebabkan masalah adalah ingatan masa lalunya. Karena itu terapis menghilangkan ingatan tersebut, dan menggantinya dengan yang baru. Tentu itu akan menimbulkan ingatan yang salah.

2. Mendatangkan Masalah Baru

Kemudian tidak jarang kalau proses hipnoterapi ini salah dilakukan, maka kemungkinan akan timbul masalah baru untuk pasien. Misalnya saja pemberian sugesti yang salah akan membuat pasiennya menangkap hal yang tidak sesuai.

Apabila ini terjadi tentu tidak sesuai dengan keinginan, dan kemungkinan pasien tidak dapat sembuh. Malahan kemungkinan besar yang akan terjadi adalah pasien mendapatkan masalah baru, karena salahnya informasi yang diberikan.

3. Menyebabkan Kepala Pusing

Kemudian, karena hipnoterapi ini berhubungan dengan otak, dan juga kepala maka tidak jarang dapat menyebabkan kepala pusing. Biasanya hal ini ladzim terjadi pada awal-awal disaat masih masa pemulihan dan juga penyesuaian.

Namun tidak jarang pada beberapa kasus, ada hipnoterapi yang menyebabkan kepala pusing lebih lama dibandingkan waktu yang seharusnya. Hal ini tentu harus diperhatikan, karena takutnya akan menyebabkan penyakit yang lebih serius dalam jangka waktu panjang.

4. Membuat Gejala Semakin Parah 

Efek samping yang mungkin saja terjadi selanjutnya adalah membuat gejala yang timbul menjadi semakin parah. Hal ini berkaitan juga dengan pemberian sugesti yang salah seperti yang sebelumnya sudah dibahas sedikit tadi.

Apabila pemberian sugestinya salah, atau tidak dapat ditangkap dengan sempurna kemungkinan yang terjadi hanya akan memperparah gejalanya saja. Tentu hal itu sangat berbahaya, karena tujuan pasien datang supaya sembuh dan bukannya memperparah gejala.

5. Menyebabkan Ketidakseimbangan Mental

Sekali lagi proses terapi ini berkaitan dengan otak, dan hormone serta beberapa hal lainnya. Jadi, kalau proses ini melakukan kesalahan sekali saja kemungkinan besar akan berpengaruh besar terhadap keseimbangan mental pasiennya.

Kemungkinan besar mental pasien akan terganggu dan membuatnya menjadi tidak seimbang. Tidak menutup kemungkinan pasien akan mengalami masalah tambahan seperti depresi, kecemasan berlebih, ataupun paranoid yang parah, dan beberapa masalah lainnya.

6. Membuat Emosi Labil

Karena mental yang tidak seimbang, dan terjadi kerusakan pada otak maka akan mengganggu keseimbangan hormon pasiennya. Nantinya hal ini akan menimbulkan efek ketidakstabilan emosi atau membuat emosi pasiennya menjadi labil.

Tidak menutup kemungkinan pasiennya akan menjadi sangat sensitif, atau bahkan menjadi sangat pemarah. Hal ini tentu akan sangat merugikan bagi pasiennya, dan akan sedikit sulit nantinya untuk menjalani hidup ataupun berbaur dengan yang lain.

7. Menghambat Pengeluaran Hormon

Terakhir adalah adanya penghambatan pada saat pengeluaran hormone, karena adanya gangguan pada otak. Seperti yang diketahui bahwa otak mampu memproduksi hormone untuk mengatur berbagai kegiatan manusia, seperti emosi, hormone tumbuh, dsb.

Apabila pada saat proses hipnoterapi terjadi kesalahan, dan dapat mengganggu keseimbangan hormone pada otak maka bukan tidak mungkin otak akan lambat mengeluarkan hormon. Akibatnya adalah pengeluaran hormon menjadi terhambat atau bahkan terhenti.

Cara Menghindari Efek Samping yang Mungkin Terjadi

Setelah membaca efek samping hipnoterapi di atas, mungkin membuat pasien menjadi takut untuk menjalani prosedurnya. Tapi tenang, ada beberapa cara yang dapat pasien lakukan supaya terhindar dari beberapa efek samping yang sudah disebutkan sebelumnya, yakni:

1. Melakukan di Tempat yang Kredibel

Pertama adalah melakukan kegiatan ini di tempat yang memang sudah terjamin, terpercaya, dan tentunya kredibel. Karena proses hipnoterapi ini bukan proses yang dapat dilakukan oleh sembarangan orang di sembarang tempat.

Semuanya harus dilakukan dengan tepat, dan sesuai dengan peraturan yang ada. Karena itu penting untuk melakukan kegiatan ini di tempat yang kredibel, sebab di tempat seperti ini biasanya proses dilakukan sesuai dengan prosedur dan sangat minim kesalahan.

2. Pelaksanaan Hipnoterapi Di Bawah Pengawasan

Kemudian pastikan utnuk melakukan kegiatan ini di bawah pengawasan ahli. Jadi tidak hanya dilakukan oleh ahli saja, tapi juga pastikan untuk melakukannya di bawah pengawasan ahli supaya semua prosesnya dapat berjalan dengan lebih aman. 

Dengan melakukan seperti ini, maka kemungkinan untuk terjadi kesalahan juga menjadi lebih kecil. Jadi pasien tidak perlu khawatir akan ada masalah yang terjadi, dan membuat pasien menjadi lebih tenang dalam melakukan rangkaian terapi ini dari awal sampai akhir.

3. Melakukan Sesuai Anjuran

Hal yang harus dilakukan selanjutnya adalah pastikan untuk melakukan semuanya sesuai dengan anjuran. Sekali lagi ditekankan kalau proses hipnoterapi ini rangkaiannya dari awal sampai akhir wajib untuk dilakukan sesuai dengan anjuran.

Anjuran ini biasanya diberikan oleh psikiater, maupun orang lainnya yang ahli dalam bidang ini. Dapat dikatakan ini semacam rujukan, agar pasien mendapatkan penanganan yang lebih baik dan juga lebih efektik dengan menggunakan hipnoterapi.

4. Mendapatkan Terapi dari Ahli

Tadi sebelumnya sudah sedikit disinggung kalau rangkaian proses hipnoterapi haruslah dipegang oleh ahlinya. Jangan sampai menggunakan jasa terapis abal-abal yang tidak dapat dipastikan kemampuan dan kredibilitas yang dimilikinya, karena dapat berbahaya bagi pasien.

Jasa terapis yang sudah terpercaya ini biasanya dibuktikan dengan menggunakan sertifikat. Jadi, sebelum menunjuk tempat untuk melakukan hipnoterapi, tidak ada salahnya untuk mengecek sertifikasi yang dimiliki oleh terapisnya hanya untuk berjaga-jaga.

5. Menghindari Konsumsi Obat Abal-Abal

Terakhir adalah menghindari apabila diberikan obat yang tidak jelas asal-usulnya oleh tempat terapi. Entah apa maksud dari beberapa oknum tempat hipnoterapi yang memberikan obat tidak sesuai, dan abal-abal pada pasiennya, yang justru dapat membahayakan.

Karena itu sebagai pasien juga harus teliti, jangan percaya apa saja yang diberikan oleh terapis maupun tempat terapi. Hal ini kembali lagi ke poin awal, dimana proses ini harus dilakukan di tempat yang kredibel supaya hal ini juga tidak terjadi kepada pasien.

Itulah tadi beberapa efek samping hipnoterapi yang mungkin saja terjadi kepada pasien. Namun tenang, jangan terlebih dahulu takut karena hal itu dapat dihindari asalkan mengikuti semua saran yang disebutkan di atas supaya proses hipnoterapi lebih aman. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi