Kenali 4 Gejala Gangguan Mental Pada Anak Remaja

 

masalah kesehatan mental anak remaja

 

Kenali gejala gangguan mental pada anak remaja karena hal ini sangat penting untuk Anda waspadai. Anak akan melewati beberapa tahap perkembangan dan juga sangat mempengaruhi perilaku mereka. Perubahan perilaku pada anak mungkin dianggap hal biasa. Karena hal tersebut dapat berlalu dengan sendirinya. 

Namun beberpa kasus orang tua justru meremehkan dan menyikapinya dengan keliru, sehingga menyebabkan gangguan tersebut semakin berat dan parah

Berikutnya, perlu Anda ketahui bahwasannya ada beberapa perilaku yang sebenarnya adalah tanda-tanda gangguan mental pada anak. Nah, untuk mengetahui tanda-tanda gangguan mental pada anak, simak artikel ini sampai selesai. 

Inilah Macam-macam Gejala Gangguan Mental Pada Anak Remaja

Meskipun sibuk apapun orang tua, sudah selayaknya sebagai orang tua seharusnya Anda lebih peka terhadap perilaku anak. Karena orang tua memiliki peran yang sangat besar untuk mengurangi beban gangguan mental pada anak. Caranya dengan memberi perhatian dan penanganan yang lebih pada saat anak mengalami perubahan perilaku. 

Anda pastinya juga harus menyadari bahwa ada sesuatu yang salah pada perilaku anak. Dengan kemunculan perilaku-perilaku yang tidak biasa dilakukan anak Anda. Sebaiknya ajak anak Anda untuk melakukan terapi penanganan supaya penyakit tersebut tidak berkelanjutan dan semakin parah. Berikut ini beberapa gejala gangguan mental pada anak remaja yang perlu diwaspadai.

Perubahan Mood yang Berlangsung Lama

Perubahan mode ini juga menjadi salah satu gejala gangguan mental pada anak. Apabila mood anak mengalami perubahan seperti yang tadinya aktif menjadi tidak aktif atau lebih sering berdiam diri. Anda perlu mewaspadai hal tersebut. 

Sebaiknya berikan perhatian yang lebih kepada anak anda. Apalagi jika Perubahan tersebut berlangsung cukup lama. Tentunya Anda harus mencurigai hal tersebut. Apabila hilangnya mood berlangsung cukup lama atau lebih dari 2 minggu pastikan Anda membawa anak ke tempat psikolog agar dapat ditangani dengan benar. 

Merasa Cemas dan Takut Secara Berlebihan

Cemas dan takut merupakan salah satu hal yang wajar yang sering dialami oleh anak-anak. Seperti halnya pada saat di kegelapan. Hal itu masih normal karena kebanyakan anak pasti membayangkan sosok makhluk dan takut akan berpisah dengan orang tuanya sehingga mereka akan merasa cemas dan ketakutan. 

Namun ada juga perlu berhati-hati. Apabila anak Anda mengalami cemas dan ketakutan secara berlebihan. Karena hal ini juga dapat mempengaruhi dan mengganggu aktivitas mereka. Apabila anda mendapati anak yang takut secara berlebihan Sudah saatnya anda untuk melakukan intervensi. 

Perubahan Perilaku Ekstrem

Perilaku membangkang sudah merupakan salah satu fase yang akan dilalui dalam tahap perkembangan emosional seorang anak. Perubahan perilaku tersebut untuk menuju kemandirian nya. Namun perilaku pembangkangan yang tiba-tiba atau ekstrem bisa juga anda waspadai.

Karena mungkin saja ini merupakan salah satu gejala gangguan mental pada anak. Biasanya gangguan seperti ini dimulai ketika anak berusia 8 tahun atau sebelum memasuki fase remaja. Gangguan mental seperti ini dapat ditandai ketika pada saat menginginkan barang dengan cara memaksa untuk membelikannya namun ia tidak minat untuk memainkan. Jika hal itu terjadi patut untuk diwaspadai. 

Terjadinya Perubahan Fisik 

Menurut Gregory Simon, 80% orang yang mengalami gangguan mental pasti akan mengalami perubahan berat badan yang sangat drastis. Perubahan fisik yang sangat mendadak ini tidak berpengaruh dengan pubertas. Karena bisa jadi perubahan ini merupakan salah satu tanda bahwasanya anak mengalami gangguan mental. 

Begitu pula dengan anak yang tidak nafsu makan secara tiba-tiba, hal ini bisa jadi merupakan salah satu gejala depresi. Penggunaan alkohol ataupun obat terlarang juga merupakan salah satu penyebab perubahan fisik yang merupakan salah satu gejala depresi pada anak. Para ahli mengatakan bahwa resiko anak akan menderita depresi adalah karena salah satu dari kedua orang tua tersebut menderita depresi.

Beberapa gejala gangguan mental pada anak yang disebutkan di atas perlu Anda waspadai. Karena apabila hal ini berlanjut justru akan membuat keadaan semakin parah. Sehingga pada saat dewasa nanti anak menjadi akan lebih sensitif terhadap sesuatu apapun.

Untuk dapat mencegah atau menangani permasalahan ini, ada baiknya berkonsultasi dengan professional seperti psikolog maupun psikiater untuk mendapatkan penanganan, salah satu solusi terbaik yang lain juga bisa datang ke hipnoterapis yang berpengalaman menangani permasalahan tersebut, atau menghubungi kami Fresh Hipnoterapi Jogja.

.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.