4 Tips Memilih hipnoterapi yang harus diketahui

Hipnoterapi jogja

 

Halaman ini saya buat tujuannya untuk mengedukasi sobat mengenai hipnoterapi dan mengetahui hal-hal penting sebelum memutuskan hipnoterapi.

KENAPA SAYA BAGIKAN?

Karena belakangan ini ada beberapa kasus yang saya tangani dan kebanyakan sudah pernah coba-coba hipnoterapi sebelumnya mereka tidak puas dengan hipnoterapi saat itu, sebagian besar klien tergiur bahasa yang menggoda dan meyakinkan yang disajikan kemudian ternyata hanya manipulasi marketing.

Bahkan beberapa kasus yang cukup seriuspun ditangani dengan teknik hipnoterapi yang tidak tepat sehingga setelah hipnoterapi kondisinya justru semakin memburuk dan terkesan buru-buru sehingga klien menghabiskan beberapa kali terapi dan waktunya pun terbuang sia-sia.

Kali ini, Saya tidak akan membahas, hipnoterapi itu apa, sobat bisa mencarinya dihalaman saya Apa itu hipnoterapi?. Tapi disini tujuannya adalah agar sobat bisa lebih tahu dalam memilih hipnoterapi yang tepat.

 

 

PERTAMA, CURIGAI TESTIMONI KLIEN

Sebenarnya sudah diatur di Permenkes 1787/2010 kalau untuk pengobatan dilarang beriklan testimoni, sebenarnya ini adalah hal vital yang sering menyesatkan klien.

Peraturan kemenkes sebenarnya sudah cukup jelas menyatakan tidak boleh menyiarkan testimoni pengobatan.

Kenapa?


Masih ingat mengenai kasus viral tentang klinik tong fang? (Yang belum tahu boleh googling) dulu sempat viral karena testimoni yang banjir di berbagai media? Yang konon hanya orang bayaran dan akhirnya merugikan banyak orang. Padahal klinik Tong Fang saat itu sudah memiliki ijin Dinkes.

 

Iya, Sebagian testimoni pengobatan yang beredar adalah palsu. Karena seorang professional tidak pernah meminta atau minta ijin untuk menyiarkan testimoni karena sudah tahu ini dilarang pemerintah dan selain itu tidak professional untuk dilakukan.

 

Pertanyaannya apakah sobat pernah menjumpai seorang dokter, psikolog dan psikiater yang professional meminta atau membagikan testimoni pengobatannya?

 


 

 

Bermacam cara testimoni palsu ini bisa diciptakan.

 

Pertama screenshot WA, metode ini mudah banget dipalsukan. Bisa melalui aplikasi ataupun mengirim WA ke nomer sendiri yang lain.

 

Selanjutnya ulasan google map, sama seperti follower instagram, ulasan google map inipun bisa dimanipulasi, ada pihak yang menjual layanan jasa memberikan review ke google map dan bisa juga dengan membuat akun google map baru (hal ini mudah dilakukan) kemudian memberikan review ke diri sendiri.

 

Dan banyak cara memberikan testimoni yang lain..

 

Nah, Sobat sekarang sudah tahu bahwa testimonial ini mudah sekali dipalsukan. Jadi testimoni bukanlah patokan seorang hipnoterapis ini bagus.

 

 

Kemudian juga ada pertanyaan mengenai gelar hipnoterapi..

 

Masalah Gelar ini sudah lama sekali dibahas oleh pakar hipnoterapis senior di Indonesia, yaitu Bapak Adi W Gunawan.

Berikut artikelnya,
https://www.adiwgunawan.com/articles/memahami-gelar-hipnoterapis

 

Ya, disini dijelaskan bahwa,

 

“Gelar “Master” adalah gelar yang tidak ada artinya dan menyesatkan publik. Mengapa menyesatkan? Karena gelar master/magister adalah untuk S2”

 

di Indonesia belum ada standar paten mengenai gelar master hipnoterapi.

 

Bahkan sekelas romy rafael dan ferdians, tidak memiliki gelar master hipnoterapi. Panggilan master kepada mereka karena pengakuan masyarakat dan bukanlah sebuah gelar pendidikan.

 

Untuk menentukan hipnoterapi yang akan diikuti memang butuh kejelian dan riset, karena banyak penggunaan kalimat yang menggoda dan menggiurkan.

 

Dan lucunya, masih ada hipnoterapis yang memperkenalkan dirinya adalah seorang Master demi sebuah teknik marketing.

Salah satu poin utama untuk dipertimbangkan adalah, jam terbang hipnoterapi dan kejujuran dalam memperkenalkan tempat praktiknya.

 

CARI TAHU BERAPA LAMA PRAKTEK HIPNOTERAPI

 

Hipnoterapi adalah sebuah ketrampilan, masing-masing seorang hipnoterapi pasti berbeda-beda dan jam terbang menentukan seberapa kompeten seorang hipnoterapi dalam menangani Klien, Karena seperti yang kita semua tahu “Semakin berpengalaman maka semakin ahli dibidangnya”

 

Disini klien perlu benar-benar teliti, hati-hati dengan hipnoterapis yang melakukan kebohongan dengan mengaku-ngaku berpengalaman.

 

Agar terhindar dari penipuan ini, sobat boleh googling dan mencari tahu profil terapis disana akan terlihat sudah berapa lama hipnoterapis tersebut terjun dalam dunia pemberdayaan diri khususnya hipnoterapi.

 


 

PENTING MENGENALI SIAPA YANG MENTERAPI ANDA

 

Di Era modern ini, sobat bisa googling, cek di sosmed mengenai sepak terjang dari terapis yang akan menterapi anda. Sehingga sobat bisa mengenali dan bisa menilai apakah benar-benar kompeten atau tidak.

 

Sobat perlu tahu kalau hipnoterapi bukan untuk coba-coba, karena yang diotak atik adalah pikiran, bila salah penanganan bisa membentuk pola pikir dan perilaku yang tidak diinginkan.

 

Nah, sekarang sobat sudah tahu kan?.  Halaman ini secara khusus saya buat agar sobat bisa mendapatkan layanan hipnoterapi yang benar-benar kompeten dan tidak mengalami malpraktek hipnoterapi.

 

Semoga sobat selalu sehat dan berbahagia.