Lompat ke konten

macam-macam terapi kesehatan mental dan Juga Psikologi

macam-macam terapi kesehatan mental dan Juga Psikologi

Macam-macam terapi belakangan ini sering dicari oleh sebagian orang yang mulai aware dengan kesehatan mental mereka. Karena kita tahu bersama, kesehatan mental masih sering dianggap remeh dan bahkan tidak dipedulikan.

Artikel ini akan membahas terkait jenis terapi kesehatan mental. Semoga bisa membantu Anda yang saat ini membutuhkan ketenangan dalam menghadapi sebuah masalah.

Macam-Macam Terapi Kesehatan Mental dan Psikologi

Bentuk terapi kesehatan mental ini bisa dilakukan pada orang dengan berbagai masalah hidup yang mereka alami. Berikut beberapa diantaranya:

Cognitive Behavioural Therapy (CBT)

CBT merupakan terapi  dengan tujuan merubah pemikiran seseorang dari hal negatif menjadi jauh lebih positif. Jadi dengan adanya terapi ini, pasien diharapkan bisa kembali memiliki semangat hidup dari masalah yang tengah mereka hadapi.

Setiap pasien saat melakukan terapi pasti selalu diingatkan bahwa pemikiran yang baru adalah kunci suksesnya. Sehingga apapun yang terjadi sebaiknya dibuat bahagia dan tidak berpikir yang terlalu berlebihan.

Contoh terapi psikologi yang biasanya bisa disembuhkan dengan cara ini seperti kecemasan, depresi, kelainan makan, dll. Semua kondisi seperti ini umumnya tidak hanya sekali terapi tetapi perlu dilakukan berkali-kali.

Interpersonal Therapy (IPT)

IPT merupakan terapi yang hampir sama dengan CBT. Bedanya hanya ada pada fokus masalahnya. Dimana pada IPT, fokus utama bukan pada diri sendiri tetapi pada hubungan dengan seseorang. Selain itu, IPT adalah bagian dari macam-macam terapi fisik yang dilakukan pada mereka yang sedang bermasalah.

Salah satu contohnya, perceraian, kematian keluarga atau sikap lain dimana ada masalah dengan orang lain. Semua keadaan di atas patut dilakukan terapi karena jika dibiarkan akibatnya bisa menjadi depresi bahkan gila.

Terapi Pernikahan Dan Keluarga

macam-macam terapi kesehatan mental dan Juga Psikologi

Dilihat dari namanya, terapi ini memang dikhususkan bagi mereka yang punya masalah dengan keluarga dan pasangan. Terapi ini dilakukan tidak langsung menghadirkan dua orang atau lebih melainkan satu-satu terlebih dahulu.

Proses terapinya tidak cukup satu dua kali melainkan bisa berkali-kali dan pada sesi terakhir akan dipertemukan yang sedang bermasalah. Adanya pertemuan di bagian akhir dilakukan ketika dua pihak hatinya sudah mulai dingin.

Terapi di atas dinilai berhasil dan rata-rata 70% mereka yang sedang konflik bisa diselesaikan. Umumnya terapi ini sering terjadi pada mereka yang menjadi wanita karir dan keluarga lainnya bekerja di tempat lain.

Psychodynamic Therapy

Psychodynamic Therapy merupakan terapi yang biasanya dilakukan dengan pembicaraan yang lebih mendalam. Bahasa mudahnya adalah curhat ke orang lain dan orang tersebut dinilai mampu memberikan solusinya.

Salah satu metode terapinya, pasien diperintahkan untuk berbicara secara bebas terhadap masalahnya. Dengan seperti itu, pikiran pasien akan sedikit bisa mulai reda dan orang menerapi akan memberikan sedikit masukan akan masalahnya.

Umumnya, mereka yang melakukan terapi punya rasa sadar terhadap masalah hanya saja tidak bisa menyelesaikan sendiri. Terapi semacam ini dinilai bisa meningkatkan rasa percaya diri yang cukup tinggi pada pasien yang bermasalah.

Terapi Seni

macam-macam terapi kesehatan mental dan Juga Psikologi

Sesuai dengan namanya, proses penyelesaian masalahnya dilakukan dengan cara seni seperti melukis, menggambar, dll. Pasien dibebaskan untuk melukis apapun yang ada di dalamnya pikirannya dan menuangkan dalam gambar.

Ketika sudah selesai, terapis (orang yang menerapi) akan mengaitkan dengan masalah yang sedang dihadapi. Bentuk penyelesaiannya pun juga bermacam-macam tergantung dari masalah yang dihadapi pasien. Rata-rata mereka yang bermasalah didominasi oleh kalangan anak-anak khususnya di masa remaja.

Meski demikian, terkadang ada juga orang yang sudah usianya tidak muda lagi juga mengikuti terapi ini. Masalah yang biasanya di terapi dengan cara di atas adalah rasa cemas berlebihan, putus asa dalam belajar dan bekerja, dll.

Psikoedukasi

Psikoedukasi merupakan salah satu macam-macam terapi islam yang caranya berbeda dari terapi lain. Jika terapi lain dilakukan ketika ada pasien yang datang dan meminta untuk diterapi sesuai keinginan. Tetapi untuk terapi di atas berbeda dan konsepnya sesuai namanya yaitu memberikan edukasi.

Bentuk edukasinya dilakukan dengan memberikan pengetahuan lebih mendalam terkait mental atau psikologi seseorang. Dari pengetahuan itu nantinya terapis akan memberikan jalan keluar atau solusi untuk keluar dari masalah psikologi itu.

Bentuk terapi di atas umumnya dilakukan dalam bentuk kelas baik di Facebook, Whatsapp atau media online lainnya. Sehingga, proses terapi jenis ini bisa dilakukan untuk orang yang punya masalah apapun baik remaja atau dewasa.

Hipnoterapi

Hipnoterapi lebih dikhususkan untuk menargetkan alam bawah sadar orang yang bermasalah. Jika bagian ini sudah biasa dikuasai maka segala pembicaraan atau nasehat apapun akan mudah diterima. Untuk proses menguasai alam bawah sadar, ada cara khusus yang biasanya dilakukan oleh terapis.

Hasilnya, pasien akan menjadi rileks sehingga beban pikiran terkait masalah yang dihadapi sudah mulai reda. Pada kondisi tersebut, terapis akan meminta pasien bercerita akan masalahnya dan terapis akan memberikan solusinya.

Dalam penerapannya, hipnoterapi dikombinasikan dengan jenis terapi lain dalam menangani masalah pasien. Sebab, fungsi terapi ini hanyalah bagaimana pasien bisa menerima berbagai saran. Sedangkan terapi lainnya yang digunakan berfungsi untuk memberi penjelasan agar pasien terlepas dari masalah yang ada.

Humanistic Therapy (Terapi Humanistik)

Terapi Humanistik adalah terapi yang biasa dilakukan pada seseorang untuk mengeksplor kemampuan diri. Dengan cara di atas, pasien akan lebih mudah membuat seseorang bisa mengetahui kemampuan di dalam diri.

Umumnya pasien yang melakukannya adalah mereka yang tidak mengetahui apa kemampuan diri yang dimiliki. Selain kemampuan diri juga bisa berupa rasa tanggungjawab dan beberapa hal terkait membuat perubahan pada diri sendiri.

Selanjutnya,terapis akan memberikan pkamungan terkait apa saja yang nantinya akan didapatkan jika bisa mengeksplor diri. Dengan cara di atas, pasien akan lebih percaya diri dan bersemangat untuk bisa membuat perubahan menjadi lebih baik.

Dancing Therapy

Terkadang terapi berbentuk non verbal seperti pembicaraan atau pendekatan lain kurang bisa diterima oleh pasien. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan cara non verbal seperti menggerakkan tubuh atau gerakan verbal.

Pasien akan diperintahkan untuk bergerak sesuai keinginan dan tidak perlu mengikuti gerakan orang lain. Dengan bergerak akan membuat darah bisa mengalir sehingga apapun masalah yang dihadapi akan selesai dengan sendirinya.

Meski hanya bergerak, pihak terapis punya cara khusus terkait bagaimana langkah-langkah yang perlu dilakukan. Bentuk terapi di atas cukup diminati khususnya bagi pasien yang kurang suka mendengarkan nasehat orang lain.

Itulah macam-macam terapi yang bisa dilakukan ketika ada masalah baik pribadi atau dengan orang lain. Inti dari pemecahan masalah adalah mengetahui akar masalah dan menemukan solusinya. 

Dari sekian terapi ini, kamu bisa memilih terapi mana yang sekiranya cocok dan menjadi solusi terbaik. Secara garis besar, terapi yang dijelaskan terbagi menjadi terapi non verbal dan verbal. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi