Lompat ke konten

Manfaat Berenang Untuk Psikologis Dan Tubuh Manusia

1. manfaat berenang untuk psikologis

Selain untuk tubuh manfaat renang ialah untuk perkembangan psikologis manusia. Manfaat berenang untuk psikologis manusia ternyata juga sangat baik untuk perkembangan pertumbuhan anak. Jadi tidak heran jika anak usia dini sudah bisa mengikuti kelas renang.

Manfaat Berenang Untuk Psikologis

Salah satu manfaat berenang adalah untuk memperkuat stamina tubuh. Selain itu berenang juga bisa untuk mencegah obesitas karena sangat efektif untuk membakar kalori. Bahkan berenang juga bisa meningkatkan kinerja otak untuk menyinkronkan gerak tubuh. Manfaat berenang lainnya akan dijelaskan di pembahasan berikut ini:

1. Menghilangkan Dan Mengurangi Stres

Saat hati pikiran merasa tidak baik-baik saja seperti mudah marah, sering sedih, khawatir dan merasa tertekan. Maka kemungkinan besar mengalami gejala stres yang bisa berakibat pada gangguan fisik seseorang. Dengan berolahraga tubuh akan menjadi lebih tenang. Cobalah olahraga renang karena olahraga ini sangat menyenangkan dan tidak begitu susah.

Berenang memang menjadi salah satu terapi untuk mengurangi stres. Banyak orang telah mencoba mengurangi stres dengan berenang secara rutin. Perenang akan merasa lebih rileks setelah berenang juga bisa meningkatkan energi tubuh. Saat berenang otot-otot tubuh akan mengalami relaksasi dan peregangan yang membutuh menjadi lebih rileks.

2. Relaksasi Untuk Mengurangi Depresi

Manfaat berenang untuk psikologis yang kedua yaitu bisa menjadi sarana relaksasi selain bermeditasi atau yoga. Karena saat seseorang berenang otot akan mengalami relaksasi yang akan meningkatkan kinerja gelombang alfa ke otak. Gelombang ini terhubung dengan rasa santai dan rileks yang sering diterima saat melakukan yoga atau bermeditasi. Agar manusia bisa menembus ke alam bawah sadarnya.

Selain meningkatkan gelombang alfa, syaraf di otak juga akan bekerja lebih saat seseorang melakukan kegiatan berenang. Olahraga air ini tentu membuat tubuh lebih segar dan sejuk. Selain itu ada beberapa hormon seperti dopamine yang bisa mengurangi depresi. Hormon serotonin dan norepinephrine juga akan meningkatkan guna terhindar dari penyakit depresi.

3. Memperbaiki Suasana Hati

Berenang mengharuskan seseorang untuk terus bermain dengan air. Hal ini bisa meningkatkan hormon adrenalin, serotonin, endorphin, dan dopamine. Hormon tersebut bisa membuat seseorang merasa lebih bahagia dan menghindarkan seseorang dari rasa tertekan. Jadi saat suasana hati sedang tidak begitu bagus cobalah untuk melakukan olahraga renang ini.

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan jika berenang bisa mengurangi kadar kecemasan seseorang. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya manusia yang mencoba untuk memperbaiki suasana hari dengan berenang. Berenang juga bisa memicu sistem kardiovaskular untuk meningkatkan sistem peredaran darah menuju otak manusia.

4. Meningkatkan Keberanian

Manfaat berenang untuk psikologis pada anak-anak yaitu bisa menjadi salah satu pembelajaran untuk melatih keberanian. Anak dilatih untuk tidak takut saat bermain air di kolam. Jika anak takut tenggelam latihlah kepercayaan anak untuk percaya dengan orang di sekitarnya yang akan membantunya. Berenang juga bisa membuat tubuh anak menjadi lebih rileks dan mengurangi kecemasan.

Dengan mengajak anak berani berenang maka sama saja mengajak anak untuk berani menghadapi tantangan. Anak yang sudah dilatih untuk berani sejak dini maka akan memperkuat mental anak. Menjadi pribadi yang tidak gampang menyerah dan tidak takut dengan tantangan. Anak juga akan tumbuh dengan mental keberanian yang bagus.

5. Membuat Seseorang Menjadi Lebih Percaya Diri

Manfaat berenang untuk psikologis lainnya adalah membentuk seseorang menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Orang yang rajin berenang juga akan mendapatkan fisik yang sehat dengan stamina yang kuat. Juga mendapatkan bonus postur tubuh yang proporsional. Dengan begitu seseorang tidak akan minder dengan segala aktivitas yang dijalaninya.

Seseorang yang rajin berenang cenderung memiliki kadar kepercayaan diri yang relatif lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang memiliki fisik bagus. Karena selain mendapatkan fisik yang prima dengan berolahraga juga akan mendapatkan kesempatan jiwa juga mental yang baik. Manusia juga tidak akan terlihat sehat jika psikologinya terganggu.

6. Mengoptimalkan Produksi Hormon Tertentu

Seperti pada pembahasan sebelumnya berenang akan membuat seseorang lebih bahagia, terhindar dari depresi dan gangguan stres. Hal ini tidak jauh dari peningkatan kinerja hormon yang bagus di dalam tubuh seorang perenang. Saat berenang beberapa syaraf akan bekerja untuk meningkat produksi hormon dan saling terhubung dengan emosi seseorang.

Hormon lain yang juga meningkat ialah endogenous opioids yang berperan sebagai morfin di tubuh manusia. Pada sistem limbik otak hormon tersebut akan berperan pada tingkah laku, gerak-gerik, dan emosi manusia. Selain itu hormon ini juga bisa mengurangi rasa nyeri, menormalkan selesa seks, menambah daya ingat, juga menstabilkan tekanan darah.

7. Meningkatkan Kemampuan Otak

Berenang akan meningkatkan produksi beta-endorphin, semakin banyak hormon tersebut maka kemampuan daya ingat seseorang semakin kuat. Selain melatih daya ingat berenang juga melatih otak untuk menyinkronkan gerak tubuh dengan pernafasan. Sehingga otak menjadi lebih konsentrasi dengan gerakan dan juga cara bernafas di dalam air.

Orang yang rajin berenang akan memiliki konsentrasi yang bagus karena kinerja otak juga dipengaruhi oleh sistem peredaran darah. Saat berenang sistem peredaran darah akan lancar karena pasokan oksigen di darah juga akan sampai ke otak. Semakin banyak darah tertransfusi ke otak maka kadar oksigen di dalam otak akan tercukupi.

8. Menambah Tinggi Badan

Bukan hal yang baru lagi jika berenang bisa menambah tinggi badan. Saat berenang tubuh akan merangsang hormon pertumbuhan. Hal ini akan tentu akan menambah pertumbuhan tinggi di tubuh. Gerakan renang yang dinamik membuat tulang belakang dan tulang kaki bertambah panjang. Jadi tidak heran jika perenang biasa memiliki postur tubuh yang tinggi.

Hanya saja berenang bukanlah satu-satunya faktor yang buat tubuh menjadi lebih tinggi. Namun, dengan rutin berenang dan dibantu dengan suplemen lainnya maka tinggi badan juga bisa bertambah. Selain itu menjaga asupan makan kunci untuk hormon pertumbuhan.

9. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sensasi relaksasi setelah berenang akan membuah otot manusia menjadi lebih rileks. Dengan begitu manusia tidak akan mengalami insomnia atau gangguan tidur. Tubuh yang sehat dan rileks akan lebih mudah untuk mendapatkan sinyal tidur dari otak. Dengan begitu kualitas tidur seseorang akan lebih terjaga, saat bangun pun tubuh menjadi lebih segar.

Ada penelitian yang membuktikan bahwa penderita insomnia bisa diatasi dengan berolahraga renang. Banyak yang telah membuktikan peneliti tersebut dan hasilnya penderita insomnia lebih mudah untuk tidur. Jadi yang memiliki gangguan tidur cobalah untuk rutin berenang agar bisa memperbaiki kualitas tidur.

Manusia tidak hanya hidup dengan fisik yang sehat saja, psikis yang sehat juga akan mempengaruhi cara hidup seseorang. Salah satu cara memperbaiki psikis adalah dengan cara berenang. Manfaat berenang untuk psikologis di atas tentu sangat bagus untuk kesehatan mental manusia. Karena itu cobalah untuk berenang secara rutin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi