Lompat ke konten

Pengaruh Hypnotherapy Terhadap Berbagai Masalah kesehatan

pengaruh hypnotherapy
pengaruh hypnotherapy

Hypnotherapy merupakan terapi alternatif untuk mengatasi masalah kesehatan tertentu. Karena pengaruh hypnotherapy dapat mengurangi sekaligus mengendalikan perilaku negatif yang memperburuk depresi.

Untuk itu, ketahui apa itu hypnotherapy, cara kerja, manfaat sampai efek sampingnya. Sehingga Anda tahu, perlukah Anda melakukan hypnotherapy atau tidak.

Apa itu Hypnotherapy?

pengaruh hypnotherapy

Hypnotherapy adalah teknik tambahan dengan metode hipnosis yang mendorong penyembuhan gejala kesehatan tertentu. Bahkan juga seringkali digunakan sebagai bagian dari rencana perawatan untuk fobia.

Termasuk untuk memanajemen nyeri, menjaga berat badan ideal sampai berhenti merokok dan membantu seseorang tidur lebih nyenyak. Dokter dan psikolog berlisensi juga menggunakan hypnotherapy dalam pengobatan kondisi seperti gangguan kecemasan, depresi, gangguan makan, gangguan stres pascatrauma.

Lalu bagaimana cara kerjanya?

Cara Kerja Hypnotherapy

Cara kerja hipnoterapi adalah dengan memasuki alam bawah sadar dan memberikan sugesti tertentu. Membantu memfokuskan pikiran pada masalah lebih dalam, lebih siap menanggapi saran, dan menjadi sangat santai.

Sehingga dalam sesi hipnoterapi, Anda bisa lebih fokus dan mampu menceritakan rasa sakit atau rasa takut serta trauma yang Anda alami. Nantinya, sugesti akan diberikan untuk merubah sikap dan cara Anda menanggapi rasa sakit tersebut. 

Sampai akhirnya Anda memahami bagaimana menghadapi ketakutan, trauma, dan kekhawatiran tersebut dengan benar.

Berikut beberapa teknik yang digunakan dalam hypnotherapy:

  • Kesadaran

Sebagian orang tetap sadar dan mengingat semua kejadian dan dapat melakukan percakapan ketika di bawah hipnosis. Sementara sebagian yang lain mengalami keadaan relaksasi mendalam sehingga merasa lega dan terlepas dari masalah yang terjadi.

  • Fokus

Hypnotherapy membantu pikiran sadar Anda supaya lebih fokus pada masalah dan tidak berantakan dengan banyak hal yang sedang Anda pikirkan. Fokus pada masalah yang dihadapi sehingga dapat memecahkan masalah sehari-hari.

  • Relaksasi

Selama sesi hipnoterapi, Anda akan dibuat serileks mungkin. Karena dengan merasa tenang, akan lebih mudah bagi Anda menerima ketakutan dan berbagai macam masalah.

Pikiran sadar Anda akan diheningkan sehingga pikiran bawah sadar bisa sangat fokus pada masalah yang sedang terjadi.

Namun faktanya, beberapa orang merasa lebih santai setelah hypnotherapy, akan tetapi tidak banyak juga yang mengalami hasil yang dramatis.

Untuk itu ketahui juga kondisi apa saja yang bisa diterapi dengan hypnotherapy. Sehingga Anda tahu kapan harus melakukan hipnoterapi dan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak.

Kondisi yang Membutuhkan Hypnotherapy

Berikut beberapa kondisi yang perlu Anda waspadai supaya segera mendapatkan prosedur hipnoterapi:

  • Sulit konsentrasi
  • Masalah seksual
  • Kelebihan berat badan
  • Memiliki sakit kronis
  • Insomnia
  • Ingin menghilangkan rasa nyeri yang berlebihan
  • Mudah cemas, khawatir, sedih, emosi, takut, atau serangan panik dengan alasan yang tidak jelas.
  • Memiliki kebiasaan menggertakkan gigi
  • Fobia
  • Ingin berhenti dari kecanduan merokok
  • Depresi

Beberapa kondisi di atas bisa sembuh dengan hipnoterapi.

Lalu sebenarnya, seberapa besar pengaruh hypnotherapy terhadap kesehatan? Lihat manfaat dan efek sampingnya.

Efek Samping Hypnotherapy

Memang kebanyakan hipnoterapi memberikan efek menenangkan dan tidak membahayakan. Berikut beberapa efek samping hipnoterapi:

  • Sakit Kepala Ringan

Hypnotherapy membantu merilekskan tubuh Anda. Sehingga ketika Anda lebih rileks dan bernapas lebih lambat, pembuluh darah akan terbuka dan sistem saraf parasimpatis mulai bekerja dengan baik.

Keadaan tersebut memungkinkan darah mengalir dengan baik, dan perubahan tersebut yang dapat menimbulkan sakit kepala. Sakit ini juga bisa dirasakan oleh orang yang sempat dehidrasi dan sangat stress sebelum melakukan hypnotherapy.

  • Pusing

Pada sebagian kasus, setelah hypnotherapy orang akan merasa seperti bangun dari tidur dan kepala terasa berputar. Kondisi ini terjadi karena pasien sempat dehidrasi, tekanan darah rendah atau sudah lama belum makan.

Untuk menghilangkan pusing atau sakit kepala ringan ini mudah. Santaikan diri sambil melakukan pernapasan dalam dan minum air.

  • Kecemasan

Pada dasarnya hypnotherapy dilakukan untuk membantu mencegah dan menghilangkan rasa cemas. Namun tetap saja, pada akhir melakukan hypnotherapy Anda bisa merasa cemas jika baru pertama kali Anda melakukannya.

Keadaan ini bisa terjadi karena kurangnya pemahaman tentang hypnotherapy yang diterima oleh pasien. Sehingga pasien merasa kurang nyaman dan khawatir dengan prosesnya.

Seperti kekhawatiran bahwa selama hipnoterapi Anda akan keluar atau kehilangan kendali. Bahkan pada sebagian orang, rasa cemas tersebut dapat menyebabkan mual dalam beberapa saat.

Untuk mengatasinya, lakukan pernapasan dalam supaya lebih rileks.

  • Rentan Penciptaan Kenangan Palsu

Ingatan palsu mungkin terjadi saat melakukan teknik regresi yaitu mengeksplorasi masa lalu. Kesalahan pemberi sugesti yang mengarahkan pasien untuk mempercayai hal-hal yang tidak benar.

Terlebih bagi pasien yang pernah mengalami peristiwa traumatis di masa lalu.

  • Mengantuk

Meskipun sebenarnya orang yang melakukan hypnotherapy tidak tidur, akan tetapi sebagian dari mereka kesulitan bangun dari hipnosis. Butuh waktu beberapa menit bagi mereka untuk tiba-tiba terbangun dari tidur nyenyak yang menenangkan.

Sehingga menimbulkan rasa kantuk dan sedikit disorientasi selama beberapa saat. Untuk itu, perlahan lakukan peregangan setelah sesi hypnotherapy.

  • Amarah Berlebihan

Orang setelah hypnotherapy bisa menjadi semakin emosi dan sulit mengendalikan emosinya. Bahkan gejala yang dialami sebelumnya lebih parah. Itu bisa terjadi, jika ada kesalahan prosedur atau Anda melakukan hypnotherapy dengan psikolog atau psikiater yang salah.

Oleh karena itu, pastikan Anda mendapatkan pengalaman hipnoterapi dari seorang terapis profesional yang sudah memiliki Certified Hypnotherapist (CHt). 

Supaya dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut sebelum menjalani hypnotherapy.

Sehingga Anda dapat menghindari 5 efek negatif di atas atau bahkan semakin memberatkan masalah Anda.

Karena metode hypnotherapy yang tepat akan memberikan banyak manfaat untuk Anda.

Manfaat Hypnotherapy

Dengan melakukan hypnotherapy yang tepat, artinya Anda melakukan perubahan yang positif terhadap mental dan fisik Anda.

Berikut beberapa manfaat hipnoterapi yang akan Anda dapatkan:

  • Trauma dan Kecemasan Berkurang

Membantu Anda yang sedang berjuang meredakan perasaan seperti ketakutan, kecemasan, atau kegugupan. Hipnoterapi kecemasan mendorong tubuh mencapai respons relaksasi alami dan menanamkan rasa sejahtera secara keseluruhan.

  • Memanajemen Berat Badan dan Kesehatan

Bukan berarti hipnoterapi menggantikan olahraga atau makanan sehat Anda. Kerjanya adalah mengontrol pola makan melalui kerangka berpikir dengan mencegah makan berlebihan.

  • Mengurangi Nyeri Kronis

Rasa sakit adalah persepsi. Hipnoterapi membantu Anda secara efektif mengatasi rasa sakit dan memanajemen nyeri kronis.

  • Mengatasi Ketergantungan serta Penyalahgunaan Zat

Rokok, alkohol, dan obat-obatan adalah kebiasaan yang sulit dihilangkan. Namun hipnoterapi membantu Anda mengatasi kecanduan atau keterikatan emosional.

Menggantinya dengan kebiasaan yang lebih sehat dan produktif.

  • Meningkatkan Tidur

Metode hipnoterapi sangat efektif mengatasi insomnia dan masalah lain terkait tidur. Memberitahu Anda cara supaya rileks saat tiba waktunya untuk beristirahat atau tidur.

Jelas, bahwa hypnotherapy adalah cara termudah dan tercepat untuk membentuk respons, sikap, pikiran, perilaku, dan perasaan yang lebih positif.

Jadi, secara keseluruhan, pengaruh hypnotherapy terhadap risiko jauh lebih kecil dari manfaat yang diberikan. Maka Anda dapat mempertimbangkannya untuk mengatasi masalah kesehatan Anda terutama jika mengalami gangguan kesehatan mental.

2 tanggapan pada “Pengaruh Hypnotherapy Terhadap Berbagai Masalah kesehatan”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi