Lompat ke konten

Perbedaan Hipnoterapi Dengan Terapi Lainnya Dalam Kehidupan Sehari-Hari

perbedaan hipnoterapi dengan terapi lainnya
perbedaan hipnoterapi dengan terapi lainnya

Perbedaan hipnoterapi dengan terapi lainnya yang paling banyak disinggung adalah dengan hipnotis. Meski banyak sekali jenis terapi tetapi yang perlu dipahami lebih mendalam adalah tentang hipnoterapi dengan hipnotis. Banyak orang yang menganggap keduanya sama saja dan cenderung digunakan untuk kejahatan.

Padahal keduanya ini memiliki perbedaan yang cukup banyak dan ini perlu kamu ketahui. Pengetahuan terkait perbedaan ini menjadi penting agar image masyarakat tidak salah dalam menanggapinya. Berikut beberapa perbedaan antara hipnoterapi dengan hipnotis dalam kehidupan sehari-hari.

Perbedaan Secara Arti

Untuk memahami secara mendalam, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu arti atau makna dari keduanya. Hipnosis adalah seni dalam menyampaikan kata-kata secara verbal pada diri seseorang dan dia melakukan apa yang diperintahkan. Sedangkan hipnotis adalah kata yang diambil dari bahasa Inggris hypnotist yang berarti orang yang melakukan hypnosis.

Sedangkan Hipnoterapi adalah praktik hipnosis yang dilakukan untuk terapi kesehatan oleh orang yang ahli di bidangnya. Umumnya mereka yang melakukan adalah para dokter atau tim medis yang sudah belajar banyak dalam mempengaruhi banyak orang.

Orang Yang Bisa Disembuhkan Dengan Terapi Ini

Dari pengertian di atas sebenarnya kedua hal sama-sama bentuk terapi yang bisa digunakan untuk kepentingan orang banyak. Selama ini yang banyak diketahui orang bahwa hipnotis umumnya digunakan untuk perbuatan tercela. Sedangkan hipnoterapi dilakukan oleh orang-orang yang profesional seperti dokter dan yang lainnya.

Pemahaman di atas tergolong salah karena keduanya sama dan yang membedakannya hanya pelakunya saja. Sehingga, terapi ini sangatlah cocok untuk membuat seseorang yang punya masalah pada kesehatan mental dan fisik.

Meski bisa dilakukan pada banyak orang ternyata terapi di atas taraf antara satu dengan yang lainnya berbeda. Hal ini bisa terlihat dari seberapa mampu hipnotis dalam mempengaruhi seseorang untuk melakukan sesuatu. Bentuk perintahnya tidak serta-merta dituruti 100% tetapi ada beberapa yang terkadang tidak dilakukan.

Di sisi lain, terapi di atas terkadang pada orang yang berbeda justru semua perintahnya dilakukan sempurna. Sehingga, orang yang mampu di hipnotis tergantung pada kondisi seseorang yang di hipnotis. Jika kondisi kejiwaan kuat maka apa yang diperintahkan bisa saja tidak dilakukan secara sempurna.

Menurut ahli terapi, Wendy Pugh umumnya dilakukan pada orang yang punya trauma sejak kanak-kanak. Bentuk traumanya bermacam-macam seperti takut pada ular, takut memanjat dan beberapa bentuk trauma lainnya.

Trauma semacam ini bisa disembuhkan dengan terapi ini dan prosesnya tergantung pada tinggi rendahnya trauma. Jika tingkat traumanya rendah maka bisa segera sembuh dan jika tingkatannya tinggi maka butuh proses yang cukup panjang.

Proses Penyembuhannya

Untuk proses penyembuhannya dilakukan dalam beberapa tahap agar mampu mempengaruhi orang tersebut. Umumnya, langkah pertama yang dilakukan adalah dengan penyelidikan masa lalu sebelum beranjak dewasa. Misalnya, ketika naik pohon pepaya lalu jatuh sehingga membuatnya trauma atau takut untuk memanjat.

Jika sudah diketahui akar masalahnya lalu para ahli akan memberikan masukan terkait apa yang perlu dilakukan. Proses ini dilakukan tidak hanya sekedar berkata tetapi berusaha menguasai pikiran bawah sadarnya. Berikut beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan hipnoterapi oleh para dokter atau ahli lainnya :

  1. Depresi
  2. Migrain
  3. Depresi pasca persalinan
  4. Gangguan tidur
  5. Demensia
  6. Kecemasan karena beban kerja
  7. Masalah berat badan
  8. Kesedihan yang berlarut-larut
  9. Kanker
  10. Kecanduan
  11. Masalah berat badan
  12. Kecemasan dan Stress

Perbedaan Hipnoterapi Dengan Terapi Lainnya

Sebagaimana dijelaskan di atas, hipnoterapi konsepnya lebih ke arah mengatakan sesuatu lalu juga ada unsur verbal. Sehingga, orang yang diterapi seperti kaget pada saat bagian tubuhnya di tepuk dan biasanya dengan tangan.

Sedangkan terapi lain umumnya dilakukan dengan cara non verbal yaitu menasehati secara halus. Dengan cara seperti itu maka pasien bisa tergerak hatinya untuk termotivasi menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Sedangkan perbedaan dengan terapi lain yang menggunakan gerak juga berbeda dengan hipnoterapi. Jika terapi lain umumnya gerakan yang dilakukan berbentuk dancing atau gerakan lain dan itu dilakukan sendiri.

Sedangkan hipnoterapi dilakukan oleh seorang dokter atau pakar kepada pasien dan disertai kata-kata. Dengan demikian, hipnoterapi ini lebih ke alam bawah sadar sedangkan terapi lain lebih banyak ke pendekatan non verbal.

Manfaat Hipnoterapi

Mengingat hipnoterapi ini cukup populer dilakukan daripada jenis terapi lain karena memiliki banyak manfaat. Secara kasat mata, terapi jenis ini seperti dilakukan secara halus tetapi manfaatnya cukup besar. Berikut beberapa manfaat dari hipnoterapi yang bisa kamu rasakan ketika mencobanya nanti.

Untuk masalah berat badan, umumnya orang menurunkannya dengan olahraga atau gerakan lainnya. Tetapi siapa sangka, penyakit berat badan juga bisa disembuhkan dengan cara terapi hipnosis ini.

Proses terapi yang biasanya dilakukan adalah menstimulasi pasien terhadap makanan yang biasa dimakan. Bentuk makanan yang biasanya di stimulus adalah yang paling banyak disukai. Dengan di stimulus maka pasien merasa enggan untuk memakannya sehingga berat badannya pun berangsur turun.

Mengatasi Depresi

Penyakit depresi memang banyak dialami bagi seseorang karena beban pikirannya yang terlalu berat. Penyebabnya juga bisa bermacam-macam mulai dari banyak hutang, keluarga meninggal atau jatuh miskin. Semua keluhan di atas juga bisa disembuhkan dengan cara di hipnoterapi.

Untuk caranya, terapis (orang yang menerapi) akan bertanya terkait apa masalah dan apa yang membuatnya selalu ingat. Lalu, terapis akan mensugesti pasien dengan cara membuat apa yang diingat selama ini diganti dengan bagian lain. Dengan demikian, pola pikirannya akan berubah dari yang awalnya pusing menjadi lebih bahagia.

Kecanduan Narkoba

Narkoba merupakan obat yang bisa merubah pikiran seseorang dan sangat berbahaya bagi kesehatan. Jika hal ini terus dibiarkan bukan tidak mungkin sistem sarafnya terganggu dan bisa membuatnya mudah depresi berat.

Untuk menghilangkannya, anda bisa melakukan hipnoterapi secara rutin kepada orang yang sudah ahli. Dengan terapi tersebut, pasien akan di stimulus dan saat melihat jenis narkoba seperti melihat barang yang tidak disukai. Dengan cara seperti ini maka, pasien bisa sembuh dan tidak lagi kecanduan pada obat-obat tersebut.

Merasa Putus Asa

Putus asa sering kali dialami oleh seseorang baik yang masih remaja atau yang sudah tua. Bentuk putus asa mengakibatkan semangat untuk berusaha menjadi hilang karena selama ini bentuk usahanya selalu gagal.

Untuk itu, salah satu caranya adalah dengan di hipnoterapi yang nantinya akan mengubah persepsi orang. Dengan perubahan tersebut nantinya pandangan seseorang akan berubah dari yang awalnya buruk menjadi baik.

Itulah beberapa perbedaan hipnoterapi dengan terapi lainnya beserta manfaatnya bagi para pasien. Secara garis besar, perbedaanya terletak pada fokus utama hipnoterapi dengan sugesti lalu menepuk salah satu anggota tubuhnya. Sedangkan terapi lain hanya dilakukan dengan menasehati sembari mencari tahu bagaimana ucapan itu bisa diterima.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

×

Fresh Hipnoterapi Jogja

Jl. Anggajaya No. 11, Condongcatur. Yogyakarta.

Silahkan klik kontak dibawah dan langsung terhubung dengan Hipnoterapis kami.

× Daftar Hipnoterapi